Lihat ke Halaman Asli

Tips Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Diperbarui: 17 Juni 2015   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Setiap mahasiswa pasti akan mengalami masa ujian di tiap semesternya. Biasanya, para mahasiswa hanya akan belajar dengan sungguh-sungguh pada saat waktu menjelang ujian. Pada hari biasa, mereka biasanya malas untuk belajar. Rasa malas itu timbul karena mahasiswa tidak punya tujuan yang jelas dari mata kuliah tersebut. Padahal, kita harus belajar jauh hari sebelum ujian agar pada saat menjelang ujian tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi kuliah.Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat menghilangkan rasa malas belajar :

1.Membuat target dan Memotivasi diri sendiri

Setiap orang yang mempelajari sesuatu pasti memiliki target yang akan dia capai. Dengan membuat target dan menetapkan motivasi, itu akan membuat seseorang bersemangat dalam belajar.

2.Melakukan relaksasi

Apabila kita sudah jenuh dalam belajar, kita bisa berhenti sejenak dan melakukan relaksasi atau penyegaran, seperti melakukan gerakan-gerakan seperti pemanasan saat berolahraga, mengobrol dengan orang lain, menonton tv dan jalan-jalan di sekeliling rumah. Melakukan relaksasi bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan. Akan tetapi, jangan sampai terlalu lama berelaksasi dan lupa akan tujuan utama yaitu belajar.

3.Memposisikan tubuh senyaman mungkin ketika belajar

Kita sebaiknya memposisikan tubuh senyaman mungkin agar tubuh tidak cepat lelah pada saat proses belajar. Apabila dalam posisi duduk tersebut sudah merasa lelah, maka cari posisi duduk yang lain agar meredakan rasa lelah tersebut.

4.Membuat sesuatu yang menyegarkan

Sebelum mulai belajar, kita bisa menyiapkan makanan kecil seperti biscuit dan minuman yang menyegarkan seperti juice yang dapat menemani kita ketika belajar dan membuat kita tidak merasa bosan karena dapat belajar sambil makan dan minum.

5.Cuci muka ketika mulai mengantuk

Biasanya saat mulai mengantuk, kita akan menjadi malas belajar. Maka dari itu, ada baiknya jika kita mencuci muka agar merasa segar dan tidak mengantuk lagi.

6.Melakukan variasi dalam belajar

Apabila kita merasa jenuh dengan cara belajar yang itu-itu saja, kita dapat melakukan berbagai variasi dalam belajar. Misalnya dengan merekam suara yang berisi materi pelajaran tersebut, kemudian mendengarkannya secara berulang agar dapat memahami materi.Membuat mind mapping yang dapat membantu dalam belajar. Selain itu dapat juga membuat rangkuman materi yang semenarik mungkin agar kita tidak bosan dalam membacanya.

Musuh utama dari seseorang dalam mencapai keberhasilan adalah rasa malas yang dimilikinya. Oleh karena itu, untuk menjadi orang yang berhasil, harus dapat menghilangkan rasa malas tersebut. Semoga tips diatas dapat bermanfaat dalam menghilangkan rasa malas dalam belajar.

Sumber : http://www.beritaunik.net/tips-trik/tips-menghilangkan-rasa-malas-dalam-diri-anda.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline