Lihat ke Halaman Asli

Stephanie Emmanuela Putri

SMA N 9 YOGYAKARTA

BERAKSI (Belajar dan Berkreasi) 2

Diperbarui: 16 April 2023   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloo! Di BERAKSI 2 ini, aku mau ceritain pengalaman aku dalam mengikuti program Jurnalisme Berkebangsaan. Semoga berkenan!

Aku tahu program ini dari pesan WA di grup TEC (Trappsila English Club) salah satu ekstrakurikuler di SMAN 9 Yogyakarta. Guru pembimbing mengajak kamu untuk ikut berpartisipasi. Karena aku suka menulis, aku ikut aja, hehehe. Ternyata, seru banget!

Akhirnya, kami dimasukkan ke sebuah grup, dimana isinya peserta dan kakak-kakak panitia. Di awal kami diminta buat perkenalan dulu. Asliii kakak-kakaknya ramahhh banget!!! Komunikatif banget sama kita, para peserta. Aku jadi ngerasa asik dan nyaman selama ngikutin program ini.

Tanggal 21 Maret 2023, ada sesi onboarding zoom yang dimana bakal dijelasin nanti kita ngapain aja, sih? Kami dijelasin apa itu Jurnalisme Berkebangsaan dan diminta untuk memilih 2 course dari Kognisi. Aku senenggg banget ketika tau ada course storytelling! Salah satu hal yang lagi pengen aku pelajarin. Pasti aku langsung pilih coursenya. Untuk course yang satunya aku pilih yang membuat konten dan menulis blog. Dan yang bikin seneng lagi... coursenya gratis tisss!! Bikin makin semangat belajar, deh!

Selagi nunggu sesi belajar selanjutnya, kakak-kakak selalu isi sama game tebak kata/gambar, terus ada juga tuh kegiatan bermanfaat lain yang disediakan! Ini rasanya kaya belajar tapi engga hahahahaha.

Jeng jeng jeng, pembelajaran course pertama akhirnya dimulai! Aku mulai dari course yang konten karena topiknya lebih banyak dari storytelling. Aku mau mulai dari yang paling banyak biar nanti ngga bosen belakangan. Waktu sesi onboarding, kami dapet tips jugaa dari kakak-kakaknya buat bagi jadi beberapa topik perhari, yang penting selama seminggu harus selesai. Karena menurutku itu mempermudah aku buat belajar dan bisa nyesuain sama jadwalku yang lain, langsung aku bagi" dalam seminggu perharinya berapa course. Nah, kalo dibagi gini, lebih enakk belajarnya, ngga terbebani!

Dalam minggu pertama aku belajar tentang konten. Banyak baaanget hal baru disana. Dan aku rasa yang aku tau dari konten dan blog sebelumnya, tuh, cuma 5% nya ajaa. Ternyata ada banyaakk banget yang perlu dipelajarin. Di course ini aku dijelasin apa itu konten, apa itu blog, elemen, format, tujuan dan platform blog, jenis konten, cara menemukan jenis konten, tujuan dan manfaat mengenal audiens, motivasi membuat blog, dan maasiih banyak lagi! Bener-bener bermanfaat bangett buat belajar! Apalagi pengajarnya yang jelasin materinya detail dan jelas, aku jadi lebih paham deh!

Terus tanggal 31 Maret 2023, ada sesi kolaboratif online yang dimana kita bakal berinteraksi sama peserta lain. Aku masuk ke kelompok 1. Dari situ aku dapet temen baruu, Ada yang dari SMA Bopkri, MAN 3 Bantul, SMAN 4, dan SMAN 1 Ngaglik. Yaa meskipun ngga komplit, karena ada beberapa teman yang ngga masuk ke zoom kolaboratifnya, tapi puji Tuhan berjalan lancar! Kami diminta untuk berdiskusi tentang "Permasalahan Gen Z". Aku langsung kepikiran 1 hal, sosial media. Ternyata temen-temen yang lain berpikiran sama! Langsung deh kami kerjakan tugasnya. Lebih ke buat mind map gituu sih. Seru bangeett!! Kami hias dan kami tulis pendapat kami. Akhirnya selesai, deh! Terus beberapa kelompok presentasi, keren-keren bangett! Begitupun kelompokku. Aku presentasi dibantu sama Novena. WAAW keren bangett sih dia public speakingnya, bener-bener ngejelasin secara detail tentang hasil diskui kami.

Besoknya ngga nyangka kalo kelompok kami menjadi kelompok yang terbaik!!! Kaget dan seneeengg banget pastinya. Sangat-sangat berterima kasih buat temen-temen kelompok 1!!

4 April 2023, ada sesi kolaboratif offline! Acaranya di SMA Bopkri. Tentunya aku ikut dengan 3 temanku. Ada alasan lain sebenarnya aku ikut sesi ini; aku mau ketemu sama sahabatku!! Aku punya sahabatt di Bopkri, sahabat kecil. Udah lama ga main bareng jadi mau surprisein dia aja hehehehe.

Acara yang ditunggu-tunggu mulai. Hampir sama sebenarnya dengan sesi kolaboratif online. Tapi lebih seru ini! Soalnya kita bisa berinteraksi secara langsung sama temen-temen dan juga kakak-kakak yang ramahh. Aku menikmati acara dengan hati senang. Meskipun kelompokku tidak menjadi 3 besar kelompok terbaik, aku tetap bangga dan senang. Senang bisa berdiskusi dengan orang-orang hebat! Belajar bareng-bareng lebih menyenangkan. Acara selesai, kami foto-foto dulu, dong. Asik, punya kenangan dan pengalaman baru! Waktu yang aku punya ngga kebuang sia-sia. Syukur bisa diisi sama hal yang bermanfaat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline