Lihat ke Halaman Asli

Stephanie Anggreinie

Pengajar dan Pembelajar

Experiental Learning David Kolb

Diperbarui: 8 Desember 2021   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: www.firstdiscoverers.co.uk

"Belajar adalah proses dimana pengetahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman" (Kolb, 1984, hal. 38).

David Kolb yang lahir pada tahun 1939 adalah seorang teoritikus pendidikan dan filsuf beraliran humanistik yang melihat pada sisi perkembangan manusia. Dia mengembangkan ide dari para filsuf lain seperti John Dewey, Piaget, Lewin dan lainnya. Experiential learning menekanan pengalaman belajar dari tansformasi pengalaman. Siswa belajar dengan memandang kristis kejadian yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan penelitian sederhana.

4 siklus teori experiential learning:

1. Concrete experience

Tahap ditemuinya pengalaman baru yang konkrit, dimana siswa belajar melalui insting dan perasaan.

2. Reflective observation

Pada tahap ini siswa belajar dengan mengamati serta menyimak.

3. Abstract conceptualization

Ini adalah tahap dimana siswa menyimpulkan hasil belajar dari pengalaman yang sudah dilalui, siswa belajar melalui pemikiran dan terfokus pada analisis logis dari ide.

4. Active experimentation

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline