Lihat ke Halaman Asli

White Temple: 'Surga' Chiang Rai, Thailand

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat pagi,

Hari ini saya mau melanjutkan cerita mengenai objek-objek wisata yang sempat saya kunjungi selama mengikuti program pertukaran pelajar di Thailand. Kalau beberapa waktu lalu saya sudah menceritakan Black House, kali ini saya ingin berbagi kisah mengenai White Temple :D

Black House dan White Temple merupakan objek wisata menarik yang ada di kota kecil Chiang Rai. Kedua tempat ini memiliki konsep yang sangat berlawanan. Black House memberikan kesan misterius dan kelam, sementara White House terlihat begitu suci dan megah. Seolah Black House adalah ‘neraka’, dan White Temple adalah ‘surga’.

Meskipun dinamakan White Temple, jangan bayangkan tempat ini serupa dengan candi kuno berumur ribuan tahun yang biasa kita jumpai di Indonesia. Sesungguhnya White Temple merupakan salah satu proyek seni modern yang didesain oleh seniman Thailand, Chalermchai Kositpipat.

Gedung utama di kawasan White Temple yang putih bercahaya

Untuk memasuki gedung utama, pengunjung harus melewati sebuah jembatan. Di sisi kiri dan kanan jembatan terdapat banyak patung tangan, menggambarkan para penghuni neraka yang meminta pertolongan

Di dalam gedung utama terdapat patung Budha dengan beberapa tingkatan, beserta patung lilin seorang biksu yang sangat amat menyerupai manusia sungguhan. Sayang sekali pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengambil foto :’)

Ruangan di dalam gedung utama dihiasi lukisan dinding yang sekilas terlihat biasa saja. Namun ada salah satu dinding yang dipenuhi dengan lukisan ‘unik’.

Yak, ini ada Kung Fu Panda di dalam temple

Dan ini juga ada Michael Jackson

Sebenarnya tak hanya si Kung Fu Panda dan Michael Jackson yang menghiasi salah satu dinding gedung utama. Ada pula Batman, Star Wars bahkan Doraemon. Kenapa pula ada lukisan semacam ini di dalam temple? Tak lain dan tak bukan karena om Chalermchai Kositpipat ingin memadukan budaya tradisional dan budaya masa kini di dalam candi buatannya. Beliau mengabadikan tokoh-tokoh modern tadi sebagai salah satu bagian dari sejarah.

Masih di lokasi wisata yang sama, terdapat gedung galeri seni yang menampilkan lukisan karya Chalermchai Kositpipat dengan tema yang beragam. Mulai dari lukisan Budha, hingga lukisan modern. Bahkan ada pula lukisan yang menggambarkan George W Bush beserta Osama bin Laden diterbangkan bersama ke luar angkasa agar Bumi yang kita tinggali ini aman dan tenteram bebas perang.

Sementara itu gedung lainnya dijadikan sebagai pusat souvenir yang menjual buku, lukisan serta aksesoris khas White Temple. Ada pula souvenir lain berupa kartu pos + cap White Temple yang bisa didapat di luar gedung toko. Kalau souvenir yang ini sih tak dicantumkan harganya, silakan sumbangkan beberapa Baht seikhlasnya ke kotak yang tersedia.

Terlepas dari hal-hal unik yang saya ceritakan di atas, White Temple tetaplah sebuah candi. Sebagian pengunjung menjadikannya tempat ibadah, tak sedikit pula yang sengaja datang kemari agar doa dan permohonannya dikabulkan :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline