Lihat ke Halaman Asli

Stefanus Rivaldo Gorianto

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Pembelajaran Sosial: Amati, Tekuni, Kuasai

Diperbarui: 1 Oktober 2023   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kolase Pribadi. | Gambar 1. Menonton bola melalui handphone (Sumber: androidbaru.info).  Gambar 2. Menyaksikan latihan sepak bola secara langsung (Sumber: GALAJABAR)

Setiap individu pasti mempunyai kemampuan dan keahlian berbeda-beda dalam bidang yang ditekuni oleh mereka masing-masing. 

Kemampuan di dalam diri setiap individu juga bukan sesuatu hal didapatkan secara instan, melainkan terdapat proses belajar untuk menekuni kemampuan-kemampuan tersebut. 

Mulai dari bagaimana munculnya rasa tertarik pada suatu hal, hingga pada akhirnya kita mampu menguasai dan memahami secara menyeluruh hal tersebut. 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendalami dan mengembangkan kemampuan kita. Bisa dengan mencari dan mengumpulkan informasi untuk dipelajari yang kemudian dikembangkan, juga dengan mengamati lingkungan dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar dari memperhatikan seseorang yang lebih memahami dan menguasai kemampuan yang ingin kita kembangkan. 

Ditambah lagi dengan banyaknya media pada saat ini yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana kita untuk mengamati dan menyaksikan orang lain dalam proses belajar.

Peran orang yang menguasai suatu bidang untuk menjadi contoh dalam proses belajar adalah hal yang penting, karena dapat membantu dan mempermudah seseorang untuk semakin cepat dalam memahami dan menguasai kemampuan tersebut, atau hal ini juga dapat disebut sebagai pembelajaran sosial. 

Dimana umumnya seseorang yang dijadikan contoh kita sebut sebagai model atau idola, dikarenakan banyak hal yang dapat kita pelajari darinya untuk membantu kita berkembang. 

Pada proses pembelajaran sosial ini meskipun manusia sudah belajar banyak hal dari pengalaman langsung, tetapi dengan bagaimana seseorang mengamati lingkungan atau perilaku orang lain, ditambah dengan interaksi sosial juga menjadi cara yang efektif dalam mempelajari suatu hal (Bandura, A. 1977).

Dapat kita lihat pada bidang olahraga, bahwa ketika kita ingin mengasah kemampuan dalam bermain sepakbola, umumnya kita perlu seorang contoh atau yang sering disebut sebagai idola untuk mendorong kita untuk berkembang dan mengasah kemampuan dalam bermain sepakbola. 

Setelah mendalami bagaimana hal-hal dasar dalam sepakbola, maka peran model atau idola juga tidak kalah penting. Orang-orang yang dipilih sebagai contoh atau idola juga tentunya memiliki pengaruh besar bagi orang lain. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline