Lihat ke Halaman Asli

Stefanus Rahoyo

Mantan Guru

Dosen USM Latih Digital Online untuk Bangun Brand Image

Diperbarui: 30 April 2024   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Tim PkM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Alhamdulillah bisa dilaksanakan pada tanggal 26 April 2024 dengan peserta pelaku UMKM Sentra Bandeng di desa Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Semarang yang berjumlah 22 orang.

Tujuan dari adanya Strategi promosi adalah untuk membantu masyarakat terutama home industri termasuk juga UMKM dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.

Dalam hal ini UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat dan memang dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa. Dengan adanya penerapan strategi promosi melalui media Digital online  untuk membangun Brand Image maka UMKM dapat menerapkan  bagaimana menetukan strategi promosi yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya Promotion mix melalui media Digital Onlie.

Beberapa   hal   tersebut   perlu   segera   diselesaikan   melalui   kegiatan   pengabdian   kepada masyarakat sebagai salah satu program untuk membantu memberikan solusi bagi UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) yang telah dilaksanakan ini juga merupakan salah satu wadah untuk membantu pelaku usaha  UMKM  di desa Tambakrejo kecamatan Gayamsari Semarang melalui  program  kerja  pelatihan  serta  pendampingan  para UMKM  diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dapat berkembang menjadi besar.

Khalayak  sasaran  di  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  adalah  para pelaku usaha  UMKM  di Desa Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, merupakan salah satu pusat kuliner olahan ikan bandeng melalui  program  kerja  pelatihan  serta  pendampingan  para UMKM  diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM Desa Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, yang merupakan salah satu pusat kuliner olahan ikan bandeng dapat berkembang menjadi besar.

Sedangkan jenis UMKM yang selama ini dilakukan oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) olahan ikan bandeng di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah dengan produk olahan ikan bandeng, seperti bandeng presto, otak-otak bandeng, nugget bandeng dan pepes bandeng presto.

Berdasarkan pra survey ditemukan para UMKM di Desa Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, ini menemui kendala dalam mengembangkan usahanya yang berkaitan dengan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya promosi produk, dan membangun Brand Image, dan kualitas pelayanan. Maka   dalam   kegiatan   pengabdian   kepada masyarakat ini dapat dibuat rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan usaha UMKM Kelompok Usaha Bersama (KUB) olahan ikan bandeng di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Manfaat  yang  diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan tentang strategi pemasaran yang tepat sehingga usahanya dapat berkembang dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline