Lihat ke Halaman Asli

Stefanus Rahoyo

Mantan Guru

Tim FE USM Latih Penerapan E Marketing untuk Peningkatan Bisnis UMKM

Diperbarui: 9 Oktober 2023   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Alhamdulillah bisa dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan peserta pelaku UMKM di desa Kangkung Kecamatan Mranggen kabupaten Demak yang berjumlah 20 orang.

Tujuan dari adanya Strategi pemasaran adalah untuk membantu masyarakat terutama home industri termasuk juga UMKM dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.

Dalam hal ini UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat dan memang dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa. Dengan adanya penerapan strategi pemasaran online melalui media online dan market place maka UMKM dapat menerapkan  bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui e marketing.

Beberapa   hal   tersebut   perlu   segera   diselesaikan   melalui   kegiatan   pengabdian   kepada masyarakat sebagai salah satu program untuk membantu memberikan solusi bagi UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) yang telah dilaksanakan ini juga merupakan salah satu wadah untuk membantu pelaku usaha  UMKM  di kecamatan Mranggen kabupaten Demak melalui  program  kerja  pelatihan  serta  pendampingan  para UMKM  diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dapat berkembang menjadi besar.

Khalayak  sasaran  di  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  adalah  para  pelaku UMKM dalam wadah kelompok UMKM yang diberi nama KPUM desa Kangkung yang ada kecamatan Mranggen kabupaten Demak dengan jumlah 47 UMKM.

Sedangkan jenis UMKM yang selama ini dilakukan oleh warga di kecamatan Mranggen kabupaten Demak terbagi menjadi beberapa sektor makanan dan minuman, kuweh (basah dan kering), sembako, sayuran fashion dan jasa.

Berdasarkan pra survey ditemukan para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak ini menemui kendala dalam mengembangkan usahanya yang berkaitan dengan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui e marketing. Maka   dalam   kegiatan   pengabdian   kepada masyarakat ini dapat dibuat rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan usaha UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Beberapa media sosial dan e-commerce yang dijelaskan dan praktek pembuatan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain Whatsapp (WA), Instagram, Youtube, Tiktok, Facabook, Twitter, Line, Telegram, serta beberapa market place seperti Shopee, Lazada, Buka Lapak, Blibli.

Manfaat  yang  diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan dengan  bagaimana penerapan strategi pemasaran yang akan dilakukan sehingga usaha yang dilakukan mendapatkan tingkat penjualan yang diharapkan.

Antusias para peserta pelaku UMKM sangat tinggi terbukti dengan banyaknya peserta merasa adanya peningkatan  pengetahuan dan pemahaman  tentang bagaimana mengelola usaha UMKM melalui  bagaimana penerapan strategi pemasaran melalui e marketing.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline