Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Alhamdulillah bisa dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan peserta pelaku UMKM di desa Kangkung Kecamatan Mranggen kabupaten Demak yang berjumlah 20 orang.
Tujuan dari adanya Strategi pemasaran adalah untuk membantu masyarakat terutama home industri termasuk juga UMKM dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.
Dalam hal ini UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat dan memang dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa. Dengan adanya penerapan strategi pemasaran online melalui media online dan market place maka UMKM dapat menerapkan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui e marketing.
Beberapa hal tersebut perlu segera diselesaikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu program untuk membantu memberikan solusi bagi UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) yang telah dilaksanakan ini juga merupakan salah satu wadah untuk membantu pelaku usaha UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak melalui program kerja pelatihan serta pendampingan para UMKM diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dapat berkembang menjadi besar.
Khalayak sasaran di dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah para pelaku UMKM dalam wadah kelompok UMKM yang diberi nama KPUM desa Kangkung yang ada kecamatan Mranggen kabupaten Demak dengan jumlah 47 UMKM.
Sedangkan jenis UMKM yang selama ini dilakukan oleh warga di kecamatan Mranggen kabupaten Demak terbagi menjadi beberapa sektor makanan dan minuman, kuweh (basah dan kering), sembako, sayuran fashion dan jasa.
Berdasarkan pra survey ditemukan para UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak ini menemui kendala dalam mengembangkan usahanya yang berkaitan dengan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui e marketing. Maka dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dibuat rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan usaha UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Beberapa media sosial dan e-commerce yang dijelaskan dan praktek pembuatan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain Whatsapp (WA), Instagram, Youtube, Tiktok, Facabook, Twitter, Line, Telegram, serta beberapa market place seperti Shopee, Lazada, Buka Lapak, Blibli.
Manfaat yang diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan dengan bagaimana penerapan strategi pemasaran yang akan dilakukan sehingga usaha yang dilakukan mendapatkan tingkat penjualan yang diharapkan.
Antusias para peserta pelaku UMKM sangat tinggi terbukti dengan banyaknya peserta merasa adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mengelola usaha UMKM melalui bagaimana penerapan strategi pemasaran melalui e marketing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H