Lihat ke Halaman Asli

Stefanus Rahoyo

Mantan Guru

Penerapan Strategi Pemasaran pada Pelaku UMKM

Diperbarui: 8 Juni 2023   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Tim PkM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Alhamdulillah bisa dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 dengan peserta pelaku UMKM di Kecamatan Tembalang Kota Semarang yang berjumlah 19 orang.

Tujuan dari adanya Strategi pemasaran adalah untuk membantu masyarakat terutama parusahaan termasuk juga UMKM dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.

Dalam hal ini UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat dan memang dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa. Dengan adanya penerapan strategi pemasaran maka UMKM dapat menerapkan  bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya packaging (kemasan) produk, branding (upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya), kualitas pelayanan dan promosi.

Beberapa   hal   tersebut   perlu   segera   diselesaikan   melalui   kegiatan   pengabdian   kepada masyarakat sebagai salah satu program untuk membantu memberikan solusi bagi UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) yang akan dilaksanakan ini juga merupakan salah satu wadah untuk membantu pelaku usaha  UMKM  di kecamatan Tembalang kota Semarang melalui  program  kerja  pelatihan  serta  pendampingan  para UMKM  diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM di kecamatan Tembalang kota Semarang dapat berkembang menjadi besar.

Khalayak  sasaran  di  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  adalah  para  pelaku UMKM dalam wadah kelompok UMKM yang diberi nama Paguyuban UMKM yang ada kecamatan Tembalang kota Semarang dengan jumlah 25 UMKM yang yang ada di kelurahan Sendangguwo dan Sendangmulyo.

Sedangkan jenis UMKM yang selama ini dilakukan oleh warga di kecamatan Tembalang kota Semarang terbagi menjadi beberapa sektor makanan dan minuman, kuweh (basah dan kering), sembako, sayuran fashion dan jasa.

Berdasarkan pra survey ditemukan para UMKM di kecamatan Tembalang kota Semarang ini menemui kendala dalam mengembangkan usahanya yang berkaitan dengan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya packaging (kemasan) produk, branding (upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya), kualitas pelayanan dan promosi. Maka   dalam   kegiatan   pengabdian   kepada masyarakat ini dapat dibuat rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan usaha UMKM di kecamatan Tembalang kota Semarang dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Manfaat  yang  diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan dengan  bagaimana penerapan strategi pemasaran yang akan dilakukan sehingga usaha yang dilakukan mendapatkan tingkat penjualan yang diharapkan.

Antusias para peserta pelaku UMKM sangat tinggi terbukti dengan banyaknya peserta merasa adanya peningkatan  pengetahuan dan pemahaman  tentang bagaimana mengelola usaha UMKM melalui  bagaimana penerapan strategi pemasaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline