Lihat ke Halaman Asli

Menuju Akhir Pertarungan Francesco Bagnaia vs Jorge Martin di Seri Akhir Valencia!

Diperbarui: 20 November 2023   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin akan bersaing untuk gelar juara dunia (Sumber: Foto: Instagram/@89jorgemartin via Okezone)

Balapan di seri MotoGP Qatar berlangsung sangat sengit untuk Pecco Bagnaia dan Jorge Martin, balapan yang berlangsung dini hari menjadi unggulan untuk Bagnaia yang berhasil tempati peringkat ke-2, sedangkan Jorge Martin, harus merosot ke peringkat ke-10.

Francesco Bagnaia nyarus saja memperjauh keunggulan untuk Jorge Martin, ia yang sempat memimpin balapan harus tersusul oleh Fabio Di Giannantonio pada menjelang 3 lap terakhir, dan juga melakukan kesalahan dengan belok secara melebar dan peluang juara 1 semakin sulit.

Walaupun begitu, Pecco Bagnaia juga berhasil ungguli Jorge Martin sang lawan kuat dalam perebutan juara dunia.

Sebelumnya, Jorge Martin menang pada sprint race di Lusail International Circuit, Qatar pada Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. Sedangkan Pecco Bagnaia harus puas finish di posisi ke-5 untuk seri sprint race.

Total perolehan poin dari Pecco Bagnaia pada sprint race dan balapan utama di Qatar adalah 25 poin, sedangkan Jorge Martin memiliki total 18 poin. 

Sehingga Pecco Bagnaia unggul 7 poin di Qatar. Dengan itu, Pecco Bagnaia masih kokoh dipuncak klasemen MotoGP musim 2023 dengan 437 poin, dan Jorge Martin telah mengumpulkan 416 poin.

Perbandingan statistik dari Pecco Bagnaia adalah 14 kali podium, 6 kali menang balapan, 4 kali menang sprint race, dan 7 kali pole. Sedangkan statistik dari Jorge Martin adalah 8 kali podium, 4 kali menang balapan, 8 kali menang sprint race, dan 4 kali pole.

Sebagai penentu titel Juara Dunia MotoGP 2023, balapan terakhir akan berlangsung di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Jorge Martin harus balapan secara maksimal baik pada sprint race dan juga balapan utamanya. Untuk skenario Jorge Martin juara dunia, ia harus jauh lebih unggul dan memiliki peringkat yang jauh untuk meraih juara dunia pertama kalinya.

Sedangkan peluang juara Pecco Bagnaia, minimal cukup finish diatas posisi Jorge Martin untuk amankan gelar juara dunia MotoGP 2023. Ia juga sebagai juara bertahan untuk MotoGP musim 2022, dan jika juara dunia lagi akan menjadi juara dunia 2 kali beruntun, dan juga pecahkan rekor fantastis untuk tim Ducati Racing.

Balapan MotoGP seri ke-20 atau balapan terakhir akan berlangsung pada hari Minggu (26/11/2023) pukul 21.00 WIB di Circuit Ricardo Tormo, Valencia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline