Lihat ke Halaman Asli

Haaland Tak Juara Ballon d'Or 2023, tapi Juara di Hati!

Diperbarui: 31 Oktober 2023   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Erling Haaland meraih Gerd Muller Trophy (Sumber: Getty Images/Pascal Le Segretain via Goal.com)

Pergelaran Ballon d'Or 2023 diselenggarakan pada hari Senin (30/10/2023) malam hari waktu setempat atau pada hari Selasa (31/10/2023) dini hari WIB di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis.

Lionel Messi resmi menjadi pemenang pada gelar Ballon d'Or 2023. Messi juga kalahkan 29 kandidat pesepakbola lainnya, terutama sang penyerang asal Norwegia yang perkuat Man City, Erling Haaland.

Erling Haaland memiliki kontribusi besar untuk Man City pada musim 2022/23, dengan 52 gol dari 53 penampilan bersama The Citizen diseluruh kompetisi pada musim 2022/23, dan juga berhasil membuat treble winner untuk Man City pada musim lalu.

Padahal, Haaland juga dijagokan oleh para netizen diseluruh dunia, karena penampilannya yang sangat overpower pada musim lalu. Akan tetapi, ia harus kalah saing oleh Lionel Messi yang berhasil juara dunia bersama Timnas Argentina pada Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar, dan juga memiliki banyak kontribusi bersama tim Tango. 

Akan tetapi, Erling Haaland juga mendapatkan gelar penting di Ballon d'Or 2023, yakni Gerd Muller Trophy. Trofi tersebut, merupakan gelar penyerang terbaik di dunia, dengan kontribusi 52 gol pada musim lalu membuat Erling Haaland lebih pantas untuk dapatkan gelar tersebut.

Dalam sambutannya, Erling Haaland merasa berterima kasih kepada orang-orang terdekat yang telah mendukung kariernya dari awal hingga kini berhasil membawa pulang trofi terbaiknya.

"Pertama-tama saya banyak ucapkan terima kasih kepada klub (Man City), keluarga saya yang membantu saya untuk menjadi jati diri saya yang sekarang ini," ucap Haaland saat mendapatkan trofi Gerd Muller Trophy.

Ia juga kalahkan penyerang tengah unggulan lainnya, seperti Harry Kane, Kylian Mbappe, dan Robert Lewandowski. Sedangkan pada tahun lalu, Robert Lewandowski adalah pemenang trofi tersebut dengan total perolehan 50 gol pada musim 2021/2022 bersama Bayern Munich.

Banyak yang beranggapan kemenangan Messi dinilai tidak adil secara penilaian dari France Football selaku penyelenggara dari Ballon d'Or 2023. 

"Berapa banyak jumlah uang yang dibayarkan oleh Messi untuk gelar tersebut?," ungkapan bertanya oleh netizen di postingan resmi dari Ballon d'Or.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline