Lihat ke Halaman Asli

Pandangan Neoloberalisme terhadap IA-CEPA

Diperbarui: 25 Oktober 2023   01:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IA-CEPA merupakan singkatan dari Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement yang merupakan perjanjian perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Australia. Perjanjian tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi kedua negara dengan mengurangi hambatan perdagangan, meningkatkan kerja sama di berbagai sektor ekonomi dan memberikan keuntungan bersama. IA-CEPA mencakup berbagai bidang, termasuk pengurangan tarif, investasi, akses pasar, kerja sama ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

IA-CEPA menunjukkan bagaimana Indonesia dan Australia menjalankan integrasi ekonomi dan kebijakan pasar bebas. Teori neoliberal menjelaskan bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan bebas sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Terbentuknya IA-CEPA merupakan bukti komitmen kedua negara dalam mendorong kerja sama ekonomi, investasi, dan perdagangan bebas. Kebijakan neoliberal berfokus pada pengurangan tarif, investasi dan peraturan ketenagakerjaan untuk meningkatkan akses pasar dan daya saing industri bagi Indonesia. 

Dalam kerangka neoliberal, AI-CEPA diharapkan membawa manfaat ekonomi yang signifikan dengan membuka peluang investasi baru dan memperluas peluang pasar barang dan jasa. Di bawah IA-CEPA, kebebasan dan kemudahan berbisnis serta perlindungan investasi asing sangatlah penting seperti contohnya menekankan pentingnya pasar bebas dan perdagangan internasional bebas. Tindakan IA-CEPA dipandang sebagai langkah positif untuk mendorong peluang perdagangan yang lebih besar dan meningkatkan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Australia. 

Hal ini dinilai akan mendorong pertumbuhan ekonomi kedua negara. Kemudian IA-CEPA juga mendukung investasi internasional yang bebas dan modal asing dalam jumlah besar. IA-CEPA memberikan perlindungan hukum yang kuat bagi investor asing dan mengurangi hambatan investasi, yang dipandang sebagai cara untuk mendorong aliran modal yang besar dan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di kedua negara. Visi neoliberal mengarah pada kemudahan berbisnis dan stagnasi. IA-CEPA mencakup upaya memfasilitasi kemudahan berbisnis antara Indonesia dan Australia dengan menyederhanakan peraturan perizinan dan perdagangan. Hal ini dipandang sebagai langkah yang akan meningkatkan investasi dan memperbaiki hubungan ekonomi.

Terakhir, visi neoliberal dalam hubungan ekonomi antara Indonesia dan Australia, khususnya melalui Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA), mencerminkan pentingnya pasar bebas, perdagangan bebas, mata uang nasional lebih pada persaingan untuk mendorong pertumbuhan dan efisiensi ekonomi. Proses tersebut mempertimbangkan bahwa IA-CEPA dapat membawa manfaat ekonomi bagi kedua negara dengan mendorong investasi, perdagangan dan kerja sama ekonomi.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline