Lihat ke Halaman Asli

Stefani Jessica Herlyana

Mahasiswi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Optimalisasi Pemasaran Daring pada UMKM Sie Sayur di Desa Ambulu Jember

Diperbarui: 8 September 2021   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Gambaran Umum Lokasi KKN

Kecamatan Ambulu adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wilayah selatan kecamatan ini berbatasan dengan Samudra Hindia dengan pantai yang terkenal, yaitu Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. Kecamatan Ambulu mempunyai luas wilayah 104,56 Km dengan ketinggian rata-rata 35 m di atas permukaan laut. Pada umumnya masyarakat Ambulu bekerja sebagai petani, guru, karyawan, petani, nelayan dan pedagang.

Latar Belakang dan Permasalahan yang Dihadapi UMKM

Sie Sayur merupakan usaha pengolahan buah dan sayur yang memiliki produk salad buah dan salad sayur yang terletak di Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Saya memilih untuk membantu UMKM ini dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) saya karena didukung oleh latar belakang saya sebagai mahasiswa agribisnis yang mana masih berhubungan dengan bisnis pengolahan produk pertanian ini. Pada masa pandemi Covid19 ini banyak sekali UMKM yang terdampak secara langsung yakni penurunan penjualan, mengingat masyarakat menjadi lebih bijak dalam mengalokasikan dananya untuk hal-hal yang primer dan lebih menekan pengeluaran untuk produk-produk yang umumnya dibeli berdasarkan keinginan (bukan kebutuhan). Hal itu memberikan dampak bagi penjualan salad buah dan salad sayur dari UMKM Sie Sayur ini yang notabenenya dianggap masyarakat sebagai camilan (bukan makanan utama) padahal di era pandemi seperti ini mengkonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu hal yang penting. Saya memilih untuk membantu UMKM Sie Sayur yang dikelola oleh Ibu Ester Wahyuningsih ini karena saya memiliki pengetahuan terkait karakteristik produk pertanian serta cara memasarkannya. Kendala yang dihadapi oleh UMKM Sie Sayur ini adalah kurangnya konten yang mengedukasi masyarakat di masa pandemi untuk menjadikan buah dan sayur sebagai kebutuhan yang juga utama dalam meningkatkan imunitas, karena strategi pemasaran bukan hanya tentang menjual produk melainkan juga mengedukasi terkait kegunaan dan keuntungan dalam mengkonsumsi produk sehingga harapannya dengan program kerja yang saya susun dan lakukan ini, penjualan produk dari UMKM Sie Sayur dapat mengalami peningkatan kembali.

Program Kerja

Dengan adanya latar belakang permasalahan tersebut, saya berharap dapat membantu UMKM Sie Sayur melalui KKN program pemberdayaan masyarakat terdampak covid 19, terutama dalam optimalisasi pemasaran secara daring dan akhirnya mampu meningkatkan penjualan produk dari Sie Sayur. Upaya optimalisasi pemasaran ini dilakukan dengan cara membuat konten sosial media yang menarik, informatif, dan edukatif sehingga masyarakat dapat lebih tertarik untuk mengkonsumsi salad buah dan salad sayur. Program lain yang akan saya buat juga adalah edukasi terkait manajemen sosial media sehingga kegiatan pemasaran dapat terus dijalankan meskipun kegiatan KKN ini sudah berakhir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline