Lihat ke Halaman Asli

Stefani Ditamei

K-drama Enthusiast

10 Rekomendasi Portal Job Termudah untuk Diakses dan Tips Persiapan Melamar Kerja

Diperbarui: 21 November 2022   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

10 Rekomendasi Portal Job Termudah untuk Diakses dan Tips Persiapan Melamar Kerja/Pexels.com

Artikel ini akan membahas tentang rekomendasi portal job yang siap membantu kamu dalam mencari pekerjaan. Berdasarkan berita yang beredar belakangan ini, beberapa perusahaan melakukan pemutusan kerja sama dengan karyawannya. Tentu saja hal ini menyebabkan kekhawatiran, salah satunya keinginan untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Namun, tenang saja. Kompasianer tidak perlu merasa khawatir karena mencari informasi lowongan pekerjaan dapat dilakukan berbagai cara. Salah satunya melalui situs dan aplikasi yang disediakan portal job. Apakah situs dan aplikasi portal job hanya menyediakan informasi lowongan saja? Tentu saja tidak, sebagian portal job turut menyediakan fitur untuk melamar secara langsung dan terhubung dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang rekomendasi portal job yang mudah diakses, simak tips persiapan saat melamar kerja berikut ini.

Tips Persiapan Melamar Kerja

Hal pertama yang harus disediakan adalah CV atau resume. CV atau resume adalah catatan riwayat hidup pelamar kerja disertai dengan informasi penting lainnya seperti data diri, alamat, dan narahubung. Setelah mempersiapkan CV, berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan.

  1. Cantumkan Email dan Nomor Aktif

Saat mencantumkan narahubung, pastikan alamat email dan nomor handphone yang tertera dalam keadaan aktif. Jika tidak, recruiter akan kesulitan untuk menghubungi saat ada panggilan wawancara dan tes dari perusahaan. Jadi, saat kamu aktif mengirim lamaran pekerjaan, usahakan untuk senantiasa memeriksa email masuk, ya!

  1. Lampirkan CV dan Resume Terbaru

Meski terlihat sepele, memperbaharui CV dan resume juga mempermudah kamu untuk melampirkan riwayat terakhir pekerjaan yang sudah kamu lalui. Jangan lupa juga untuk menambahkan deskripsi  pekerjaan yang pernah kamu lakukan. 

  1. Menambahkan Cover Letter

Cover letter adalah surat pembuka yang biasa dilampirkan saat mengirim lamaran kerja. Singkatnya, cover letter adalah surat perkenalan secara ringkas tentang data diri dan alasan mengapa kamu ingin melamar di perusahaan tersebut. Silahkan menulis data diri secara ringkas, skill dan kemampuan yang kamu miliki, serta penjelasan tentang pekerjaan yang pernah kamu tangani sebelumnya.

  1. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris?

Sebagian dari pelamar kerja mungkin bertanya-tanya, sebaiknya melampirkan CV dan resume dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris? Tidak ada peraturan khusus tentang hal ini. Namun, jika kamu melamar ke perusahaan luar negeri, ada baiknya menggunakan bahasa Inggris. Namun, CV dan cover letter dalam bahasa Indonesia juga tidak masalah. Silahkan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. 

  1. Menambahkan Portofolio 

Saya sudah pernah bahas tentang portofolio kerja dalam artikel berjudul “Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja” dan menjelaskan bahwa portofolio merupakan rangkuman yang berisi karya atau project yang pernah dibuat. 

Tips persiapan melamar kerja/pexels.com

Misalnya, seorang content writer melampirkan portofolio berupa artikel yang pernah diterbitkan, atau seorang desain grafis yang melampirkan portofolio berupa gambar hasil desainnya. Portofolio kerja menjadi salah satu nilai tambah bagi pelamar karena mempermudah rekruiter untuk melihat secara langsung hasil kerja  yang pernah dibuat kandidat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline