Perkembangan teknologi internet telah memberikan dampak signifikan dalam dunia bisnis.
Web 2.0 membawa revolusi interaksi pengguna dan membuka peluang baru bagi pelaku bisnis.
Pengguna dapat berpartisipasi dalam membuat dan membagikan konten, berinteraksi dengan pengguna lain, serta memberikan umpan balik melalui komentar dan pesan.
Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya menggunakan prinsip web 2.0 dengan memberikan platform yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang lain.
Melalui media sosial, pengguna dapat membuat profil pribadi, memposting konten, mengirim pesan, dan mengikuti atau berinteraksi dengan pengguna lain.
Namun, dengan keuntungan tersebut juga datang dampak negatif seperti keamanan data yang rentan dan penyebaran informasi palsu.
Untuk mengatasi hal ini, konsep Web 3.0 muncul sebagai evolusi yang menjanjikan dengan potensi pengalaman pengguna yang lebih baik, konektivitas yang lebih baik, dan penggunaan teknologi cerdas yang dapat memperkuat bisnis.
Berikut ini adalah beberapa poin penting dari konsep Web 3.0 yang kini makin santer diperbincangkan dan setuju atau tidak, kita akan menuju ke Web 3.0 yang sudah dimulai.
1. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik:
Web 3.0 bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan personalisasi yang lebih baik.
Teknologi semantik digunakan untuk memahami makna di balik data dan informasi, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat.