Lihat ke Halaman Asli

Pengajuan Diri Untuk Menjadi Koordinator Umum Perkumpulan "Seribu Tangan Cinta"

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kami coba rangkum lagi visi dan misi dari Perkumpulan SERIBU TANGAN CINTA, yang ada di artikel "Statuta Visi dan Misi STC dalam bentuk tanya jawab".

Perkumpulan SERIBU TANGAN CINTA, sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang sosial, budaya, dan lingkungan dengan anak sebagai fokus utama, bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berpikir dan bertindak benar.

Untuk mewujudkannya itu P-STC akan melakukan program pendidikan sosial, budaya, dan lingkungan berperspektif kepentingan anak negeri sebagai manusia masa depan Indonesia dan dunia. Dan bentuk kegiatan P-STC adalah melakukan kegiatan pendidikan kritis dan pendidikan alternatif berbasis metode penulisan, publikasi, dan seni serta pendampingan, dan juga bantuan darurat. Begitu juga dengan jenis-jenis kegiatan yang didukung atau dilaksanakan oleh STC, yaitu semua kegiatan yang sifatnya dapat mengubah pola pikir masyarakat dan memperbaiki kehidupan masyarakat (bisa dalam bentuk tulisan, penerbitan, pelatihan, dukungan, bantuan, emergency response, advokasi, dan mediasi).

Dilihat dari penjabaran tersebut, maka akan terlihat seperti apa nantinya tugas-tugas yang harus dilakukan oleh para pengurus Perkumpulan STC ini. Apalagi jika dilihat luasnya wilayah kerja P-STC ini, yaitu dari gerakan nusantara dan dunia. Artinya, P-STC didukung oleh pengurus pusat dan wilayah (propinsi) serta cabang (negara).

Untuk itu, Perkumpulan SERIBU TANGAN CINTA membutuhkan seorang yang mampu menjalankan dan menerapkan visi dan misi di atas, dengan menjadi KOORDINATOR UMUM Badan Pelaksana Perkumpulan Seribu Tangan Cinta.

[caption id="attachment_141828" align="alignleft" width="378" caption="diunduh dari "http://www.boncherry.com/indo/blog/tag/ciri-ciri-pemimpin-yang-sukses/""][/caption]

Kriteria umum pemimpin untuk organisasi seperti ini adalah :

1. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Koordinator Umum ini harus mampu menjalankan misinya untuk mencapai target akhir atau visi dengan baik. Dia juga pandai dalam mengkoordinir pengurus-pengurus yang ada di bawahnya, berkomunikasi dengan baik, merangkul semua ide dan masukan, untuk dijewantahkan dalam kekuasaannya yang bertanggung jawab.

2. Mempunyai pikiran pandangan yang luas. Hal ini umumnya bisa terlihat dari pandangan-pandangan dan konsep-konsep pemikirannya yang terlihat dari cara berpikir dan menilai suatu masalah. Karena umumnya di sini kumpulan para penulis, maka bisa kita lihat bagaimana pandangan dan konsep itu yang tertuang di karya-karya tulisnya.

3. Mempunyai waktu luang. Ini berkaitan dengan kondisi kita di sini. Kesibukan pekerjaan untuk keluarga dan kantor, pastinya akan menguras tenaga dan waktu si calon ketua ini. Namun dengan dedikasi tinggi, tentunya hal ini akan mudah dilakukan dengan pembagian waktu yang baik dan benar dari si calon Koordinator Umum.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline