Lihat ke Halaman Asli

fanky christian

IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

ITSM Kunci Keberhasilan Penggunaan IT di Perusahaan

Diperbarui: 23 April 2022   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

InfraonDesk produk EverestIMS - koleksi Pribadi

Sekarang ini, hampir semua bisnis perusahaan bergantung kepada sistem teknologi informasi. Semula IT hanya dianggap sebagai pendukung, atau support bisnis saja, tapi sekarang malah ada yang sangat menggantungkan nasib perusahaannya kepada sistem IT.

Dalam webinar terakhir kami membahas 13 proses I.T.I.L yang sangat penting dimiliki oleh perusahaan. Kegiatan ini didukung oleh PT Kota Cerdas Indonesia yang menangani distribusi software Infraon dari Everest IMS. 

Pertama, kita bahas dulu apakah itu ITSM. ITSM atau IT service management merupakan cara untuk menyelaraskan tim IT dengan prioritas bisnis. Tim IT pada umumnya memberikan dukungan, layanan teknis IT . Dan di dalamnya ada hal yang menempatkan pelanggan sebagai pengguna nomor satu. 

Selain itu dalam ITSM didefinisikan juga kolaborasi antar departemen yang ada. Sehingga koordinasi menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Di dalamnya juga ada pengukuran layanan bila terjadi masalah atau permintaan layanan.

Nah, bagaimana dengan ITIL? ITIL atau IT Information Library didefinisikan pada tahun 80an, saya sendiri mempelajari ITIL pada tahun 2000an waktu mulai mengimplementasikan helpdesk di perusahaan customer. 

Di dalam ITSM diterapkan lima kerangka Strategi Layanan, mulai dari  Desain Layanan, Transisi Layanan, Operasi layanan dan Peningkatan Layanan Berkesinambungan.

Dan penerapan kerangka ITIL inilah yang diserap dalam ITSM. Hal ini dalam bentuk manajemen masalah, untuk melihat akar penyebab suatu masalah.Manajemen aset, untuk melihat aset IT yang dimiliki perusahaan atau pelanggan. Manajemen perubahan, memastikan apakah prosedur yang dilakukan sudah efektif dan efisien, atau masih butuh berbagai penyesuaian agar bisa menjadi lebih baik
manajemen insiden, untuk menanggapi dan bersiap-siap apabila terjadi suatu masalah IT dan ada juga manajemen finansial, membuat pelayanan yang biayanya seefisien mungkin.

Lalu banyak produk yang memiliki kemampuan ITIL, dan diberikan scoring oleh lembaga yang bernama PinkElephant. Produk Infraon sendiri memiliki 13 ITIL proses yang tercatat oleh PinkElephant.

fitur yang umum dijumpai dalam produk ITSM

Banyak produk yang digunakan oleh perusahaan Indonesia terkait dengan ITSM, dan salah satu yang mulai dilirik perusahaan adalah produk InfraonDesk dari Everest IMS. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline