Salah satu cara bertahan dan mengembangkan bisnis di jaman covid, dan harus berdampingan dengan covid adalah mengembangkan keahlian komputer dasar.
Masih banyak pemilik usaha yang tidak tahu, tidak mau belajar pengetahuan atau keahlian komputer dasar. Apa sajakah itu ?
Saya masih ingat sekali , sewaktu mendampingi para pemilik toko di salah satu mal fashion terbesar di Jakarta, sebagian besar mereka tidak pernah, tidak mau dan anti menggunakan komputer. Meskipun itu kondisi di tahun 2018, tetap saja hingga sekarang, sebagian dari mereka tidak mau menggunakan komputer.
Mengapa harus memiliki keahlian komputer dasar? Karena sekarang ini semua telah menggunakan komputer. Dalam sebagian aktifitas bisnis, komputer dilibatkan. Mulai dari mengetik penawaran, memasukkan data ke sistem, hingga melakukan perhitungan. Mana yang harus dimiliki oleh pengusaha, atau pemilik usaha.
Menggunakan Word Processor.
Istilah word processor mungkin aneh, tapi kita pakai setiap hari. Kita lebih mendengarnya, mengetahuinya sebagai office word. Sekarang ini bentuk aplikasi word processor sudah beragam.
Tidak hanya aplikasi Microsoft Word, yang sepertinya di sebagian besar laptop sudah dipasang secara otomatis. Selain Word, ada juga yang lain, seperti WPOffice atau OpenOffice, LibreOffice yang free. Aplikasi ini sekarang sudah bisa menyimpan file yang kita edit di platform cloud. Word menyimpannya dalam OneDrive.
Bila kita berlangganan aplikasi Office, maka otomatis semua file kita juga disimpan di cloud. Demikian juga dengan WPOffice, yang bahkan bisa cross platform.
Dibuat di komputer, laptop, bisa dibuka dengan mudah di smartphone kita. Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumentasi, penawaran dan berbagai catatan bisnis anda. Hingga presentasi dan proposal, semua bisa dikerjakan dengan mudah.
Untuk anda yang cenderung menggunakannya sebagai aplikasi cloud, silahkan mencoba GoogleDocs, yang secara default tersedia di semua pengguna gmail dan android smartphone.
Menggunakan Spreadsheet.