Setelah mendefinisikan program kerja, target dan KPI , serta memastikan semua bisa dimonitor dalam dashboard, kembali kita akan membahas tahapan selanjutnya, yaitu Proses Sales.
Proses Sales atau proses penjualan adalah tahapan-tahapan yang ditentukan dalam satu siklus penjualan. Sebagai contoh, dalam pendekatan B2B (Business to Business), ada beberapa model tahapan sales.
Saya membahasnya dalam satu kesempatan di sharing depan komunitas B2B, dan saya posting di slideshare terkait slide ini, waktu itu terkait Solution Selling, menjual solusi. Kebetulan bisnis saya fokusnya di menjual solusi, bukan produk. Lho apa bedanya ?
Dalam pendekatan B2B, yang difokuskan bukan produknya, tapi solusi yang tepat untuk konsumen. Maka tahapan awalnya umumnya adalah pendekatan untuk mencari tahu apa yang mereka perlukan, apa yang menjadi masalah, apa yang menjadi hal yang meresahkan mereka (pain point).
Jadi bisa saja, tahapan sales nya disesuaikan menjadi :
1. Pendekatan / Perkenalan
2. Definisi Masalah / Kebutuhan
3. Presentasi / Diskusi Masalah & Kebutuhan
4. Melakukan Test / Ujicoba
5. Penawaran