Lihat ke Halaman Asli

fanky christian

IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

Webinar Kecil, Webinar Besar

Diperbarui: 23 Maret 2021   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sepanjang pandemi, apa yang menjadi sangat umum ?

Ya, webinar. Semula webinar hanya dipilih apabila benar-benar ada keterbatasan waktu dan tempat, maka dulu webinar sering kita ikuti karena ikut acara yang berbeda zona waktu dan tempat yang sangat jauh. Sekarang tidak bukan, hampir setiap hari, ribuan hingga jutaan webinar kita lihat ada di timeline kita. 

Mana yang saya harus ikuti ? webinar besar atau webinar kecil ? 

Yang tepat adalah webinar yang sesuai dengan kebutuhan informasi anda. Sekarang ini cara belajar kita telah berubah. Kita tidak perlu diajarkan, tapi semakin ditantang untuk belajar mandiri. Apalagi dengan anak generasi milenial dan Z sekarang. 

Dulu, saya sulit sekali mengajarkan hal baru kepada tim, tapi sekarang, tinggal kasih link url, documentation, dan video youtube, semua selesai. 

Tinggal saya lihat dampaknya. Apakah ada yang mengerti dengan baik, ada yang tidak mengerti, ada yang sangat penasaran dan ingin tahu lebih banyak. Dan mungkin juga, ada yang masa bodoh, karena itu tidak menarik baginya. 

Dalam dunia pekerjaan, pola belajar dengan melalui webinar ini pun juga mulai menjadi hal yang biasa. Saya selalu meminta tim saya untuk ikut dalam berbagai seminar, webinar dan zoom meeting dari berbagai vendor. Untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Dari sana, baru saya gali , mana yang menarik untuk mereka, menarik untuk bisnis kita, dan mereka bisa kembangkan diri. 

Jadi webinar besar umumnya gunakan platform webinar, sehingga tidak ada interaksi dengan pembicara. Tantangan interaksi ini memang rendah di kita, tapi setidaknya dari pertanyaan, chat room yang penuh, kita bisa melihat antusiasme peserta. Tapi tetap ada kehilangan faktor interaksi langsung dengan pembicara.

Sedangkan dalam webinar kecil, misal dibawah 100 orang, dan kita bisa berinteraksi langsung dengan pembicara, cenderung lebih menarik untuk orang ikuti. Mengapa ? Karena mereka bisa interaksi, kunci utama kita sebagai manusia. 

Maka pastikan pada waktu anda membuat acara, gunakan webinar kecil yang fokus dan interaktif. Sedangkan bila anda hanya mencari jumlah peserta tinggi, mungkin webinar besar akan jadi pilihan , tapi dampaknya belum tentu seperti yang kita harapkan. 

EVENTCERDAS sepanjang setahun ini membuat berbagai webinar kecil, paling besar di 500 peserta. Tapi kami senang, karena presenter, sponsor dan peserta semua mendapatkan keuntungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline