Lihat ke Halaman Asli

fanky christian

IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

Membangun UMKM Indonesia

Diperbarui: 18 April 2016   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Saat ini semakin jelas tantangan ekonomi bagi Indonesia. Selain oleh karena semakin derasnya arus impor barang-barang dari luar negeri, khususnya negeri China, juga semakin banyaknya orang yang masuk dan bekerja di Indonesia.

Semua ini oleh karena satu hal, besarnya pasar (market) di Indonesia. Semua negara berlomba-lomba bekerjasama dengan Indonesia untuk mendapatkan berbagai kemudahan, termasuk negara-negara yang mungkin selama ini jarang dan belum pernah bekerjasama dengan Indonesia.

Nah, apakah kita akan berdiam diri saja ?

Pada  saat  maju  dalam  pemilihan  presiden  dan  wapres  yang  lalu, pasangan  Jokowi-JK  mengusung  visi “Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”,  visi  yang  kurang  lebih  adalah  konsep  Trisakti  Soekarno yaitu:

1). Berdaulat dalam Bidang Politik;

2). Berdikari dalam Bidang Ekonomi; dan

3). Berkepribadian dalam Bidang Kebudayaan.  

Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam 7 misi serta 9 agenda prioritas atau yang terkenal dengan sebutan “Nawacita” .  Dengan  visi misi itu, pasangan Jokowi-JK berhasil meyakinkan 71 Juta atau 53,15% rakyat Indonesia untuk memilih mereka sebagai  presiden  dan  wakil  presiden  Republik Indonesia  2014-2019. 

Tiba saatnya kita mendukung NAWACITA ini dengan lebih nyata berperan. Apa yang bisa kita lakukan ?

Dalam ilmu Marketi

ng, 4P (Produk, Price, Place, People dan Promotion). Kelima hal ini yang bisa membuat UMKM berkembang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline