Lihat ke Halaman Asli

fanky christian

IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

Berbisnis Online Mendukung Go Green

Diperbarui: 15 November 2015   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu hal yang bisa kita lakukan pada saat mendengar istilah GO GREEN adalah menanam pohon. Bahkan mungkin hanya ini yang digembar-gemborkan oleh banyak perusahaan dan instansi. Padahal ada cara lain, yaitu menghemat dan melakukan aktifitas efisien.

Menghemat apa yang bisa kita mulai ?

1. Listrik. Mulai dari diri sendiri. Dalam lingkungan rumah kita, kita menggunakan LISTRIK dalam banyak hal, ingatkan kita bahwa LISTRIK kita sebagian besar masih didukung dari PEMBANGKIT TENAGA DIESEL. Gunakan listrik dengan bijak, gunakan sesuai kebutuhan. Seringkali kita menggunakan listrik dan perangkat lainnya dengan boros.

2. Cahaya alami. Dalam rumah kami, kami membuat lubang cahaya untuk menekan penggunaan listrik dalam rumah pada saat siang hari. Desainer rumah sekarang mengembangkan banyak konsep kaca di atas untuk mendukung ini juga

3. Bekerja optimal. Wah, yang ini saya harus akui susah juga. Seringkali ide dan proposal dibuat pada malam hari, dimana ketenangan cenderung kita dapatkan. Tapi banyak juga aktifitas yang bisa dilakukan pada saat siang hari. Salah satunya dengan bisnis yang kita lakukan. Dengan memfokuskan semua aktifitasnya pada siang hari, maka malam hari cenderung lebih banyak digunakan untuk hal lain.

4. Menggunakan produk daur ulang. Ini gampang-gampang susah. tapi memang idenya adalah agar tidak banyak barang baru di produksi.

5. Menggunakan bisnis online. Nah, itu yang menarik. Bisnis online menekan penggunaan kendaraan bermotor. Sekarang saya banyak menggunakan media online untuk berkomunikasi, mempromosikan produk dan mengenalkan produk. Mungkin ada saatnya kita harus bertemu dan datang, tapi tentu sudah dengan kualitas yang lebih baik, mereka sudah mengenal produk dan layanan kita, tinggal memaksimalkan pertemuan untuk berdiskusi, negosiasi dan mendapatkan order.

6. Dalam bisnis online, kita pun akan tetap memerlukan SUPPLIER selain CUSTOMER, dengan menggunakan teknologi tertentu, kita bisa mendapatkan supplier yang dalam area terjangkau dan bisa menghemat biaya transportasi (tentu saja menghemat biaya bahan bakar yang dibakar). 

7. Dengan bisnis online, produk dan jasa yang dipromosikan bisa dilihat banyak orang, tanpa repot mengeluarkan waktu dan biaya mendatangi mereka. Bisnis online dimudahkan juga dengan dukungan perbankan dan pembayaran online, sehingga semua transaksi bisa kita lihat.

Jadi, sudah tepat istilah "bisnis online mendukung Go Green !" Temukan cara-cara lainnya untuk terus mendukung Go Green, demi kelangsungan manusia di muka bumi ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline