Lihat ke Halaman Asli

Stanley Saga

Penulis lepas yang ingin eksis

Begini Cara Menikmati 5G Telkomsel dengan Ponsel Lama

Diperbarui: 10 Juni 2021   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Telkomsel baru saja membuka sebuah sejarah baru teknologi komunikasi di Indonesia. Akhirnya setelah beberapa waktu menunggu akhirnya 5G datang di Indonesia, padahal sebelumnya diperkirakan koneksi selular generasi kelima ini datang paling cepat di akhir 2021. Apa pun itu, ini jadi awal dari banyak kemajuan yang akan terjadi.

Hal yang mungkin jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kita bisa menikmati layanan 5G tanpa perlu membeli smartphone baru. Hal ini mungkin saja dilakukan, tapi tentu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Pertama soal kartu SIM, untungnya kita kita tidak perlu melakukan apapun karena koneksi 5G bisa dinikmati dengan menggunakan kartu SIM lama. Berbeda halnya seperti kita ingin menggunakan 4G sedangkan kartunya masih versi lama.

Syarat kedua ini paling penting, yakni smartphonenya sudah mendukung jaringan 5G. Jangan salah, ada juga ponsel lawas yang diam-diam menyematkan modul 5G di dalamnya. Untuk memeriksanya silakan cek ke setting > connection > mobile networks > network mode (pengaturan bisa berbeda di masing-masing smartphone). Jika di sana ada tertulis 5G, kemungkinan handpone mu sudah mendukung jaringan tersebut.

Jika dirasa semua sudah terpenuhi, termasuk untuk tempatnya. Maka selanjutnya tinggal membeli paket Telkomsel 5G. Selain itu, ada metode lain yakni melalui sistem undangan di mana tidak semua orang memiliki aksesnya. Untuk paket tersebut diketahui harganya cukup murah yakni Rp26 ribu saja dan kuota 5G yang didapatkan adalah sekitar 126 GB.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline