Lihat ke Halaman Asli

Johanes Krisnomo

TERVERIFIKASI

Karyawan Swasta

Tepian Cikapayang

Diperbarui: 9 Februari 2016   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Revitalisasi ruang publik di Kota Bandung, memberi teladan, dan mencipta rasa bahagia tanpa biaya mahal. Banyak taman dibangun, beberapa diantaranya merupakan kolaborasi dengan sungai, asri bersih mengupas keseharian yang kusam dan kumuh.

Tepian Anak Sungai Cikapayang, di tepi Jalan Merdeka Bandung, merupakan salah satu taman, dengan kelengkapan penataan sungai  sepanjang 200 meter.

Selain dilengkapi hamparan bunga, bagian air sungai yang dangkal, bersih dan sudah diolah, dapat dipergunakan sebagai sarana bermain dan berendam khususnya anak-anak. Asesoris lainnya, ketersediaan bangku-bangku santai di rindang pepohonan usia tua, dan juga tugu-tugu batu tempatnya berselfi.

Ridwan Kamil, Walikota Bandung, Sang Pencipta Ide, mengatakan bahwa revitalisasi dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya sungai. Bukan itu saja, pesan tersirat diantara maraknya tumbuh-kembang taman-taman di Kota Bandung, mengajarkan secara nyata contoh-contoh suasana perilaku sehat bahagia.

Revitalisasi Ruang Publik, mampu mengajarkan hebatnya tata-ruang, dicipta bukan sekadar janji-janji kata kosong.

Tugas kita selanjutnya, menjaga dan merawat ketersediaan ruang publik, demi sebuah pembelajaran tata-tertib meraih sehat bahagia.  /(stalgijk)

Bandung, 08 Feb 2016

Catatan : Foto-foto Dok Pribadi, Bandung, 08 Feb 16.

Terimakasih Atas Kunjungannya

Johanes Krisnomo

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline