Lihat ke Halaman Asli

St Nurafif Mulifah

St Nurafif Mulifah

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ikut Berkontribusi dalam Kegiatan Posyandu Lansia

Diperbarui: 23 November 2021   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

 Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di Desa Atari Indah yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh mayarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraanya melalui program puskesmas Atari Jaya melalui Poskesdes desa Atari Indah dengan melibatkan peran serta lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraanya.

Tujuan posyandu lansia yaitu meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia dimasyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam  pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakt dan usia lanjut.

Kegiatan posyandu Lansia ini dilakukan setiap satu bulan sekali yaitu pada tanggal 12, yang pelaksanaanya dilakukan di rumah-rumah ketua RT desa ini. Anggota kader posbindu ada 5 orang, serta petugas kesehatan dari puskesmas ada 5 orang, terkadang bergantian bertugas. Kehadiran mahasiswa KKN sangat membantu kader pospindu sehingga dapat meringankan kerjanya dalam proses pencatatan warga yang sudah mendaftar.

Kegiatan posyandu ini dimulai dari pendaftaran terlebih dahulu, yaitu dengan mengumpulkan kartu BPJS, setelah itu mulailah mereka dipanggil sesuai dengan urutan mereka masing-masing. Dalam kegiatan posyandu ini para lansia akan diukur, ditimbang berat badanya dan ditanya mempunyai keluhan apa saja. Setelah itu mereka akan mendapat giliran dalam pengecekan oleh petugas kesehatan yang bertugas. Jika mereka ingin melakukan pengecekan seperti kolestrol dan gula maka akan ada biaya penanganya.

“Dalam kegiatan para lansia diharapkan tetap menjaga protocol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak dan sabar dalam menunggu antrianya dipanggil sesuai dengan instruksi dari kader “ ujar ibu sri budiyah(selasa, 12/10/2021).

Kegiatan posyandu lansia ini memudahkan para lansia untuk selalu mengecek kesehatan mereka, serta tempat yang dekat membuat lansia yang sudah susah berjalan tidak perlu berjalan jauh datang kepuskesmas. Kegiatan ini di lakukan bertujuan untuk selalu mengontrol lesehatan para lansia, agar mereka tahu apa-apa saja yang harus mereka hindari. Seperti makanan yang bisa menyebabkan meningkatnya kolestrol dan penyakit gula.

Dalam kegiatan ini mahasiswa UIN Walisongo sangat membantu dalam kegiatan, karena kurangnya personil kader yang hadir. Mereka melakukan tugas  yaitu dalam kegiatan pencatatan dan menyediakan tempat bagi  para lansia serta melakukan dokumentasi.

Gambar pada cover merupakan dokumentasi dari mahasiswa UIN Walisongo Semarang, mereka mengambilnya untuk dokumentasi hasil  kuliah kerja Nyata/KKN  mereka, yaitu dengan mengikuti kegiatan posyandu lansia yang di adakan di Kelurahan Atari Indah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline