Lihat ke Halaman Asli

Silvi Puspita Sari

Mahasiswa Sosiologi UM 2020

MAN 2 Malang: Hijrah Menuju Pribadi yang Lebih Baik Melalui Kegiatan Pondok Ramadhan

Diperbarui: 13 Juni 2023   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Mahasiswa Asistensi Mengajar UM 2023

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang dikhususkan bagi orang muslim, dimana pada bulan mulia ini kaum muslimin diwajibkan untuk berpuasa selama kurang lebih 30 hari. Dalam bulan ramadhan, Allah akan melipatgandakan pahala kebajikan bagi orang-orang yang mengerjakannya menjadi 70 kali lipat. 

Keistimewaan lain dari bulan ramadhan yakni terdapat peristiwa-peristiwa besar yang terjadi seperti malam turunnya kitab suci Al-Qur'an (Nuzulul Qur'an) dan malam yang lebih baik dari seribu bulan (Lailatul Qadar).

Sumber Gambar: Mahasiswa Asistensi Mengajar UM 2023

Dalam upaya meningkatkan kualitas keimanan diri dengan berlomba-lomba mengisi kegiatan keagamaan pada bulan Ramadhan, MAN 2 Malang telah melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengusung tema "Hijrah Menuju Pribadi Yang Lebih Baik Kuatkan Akidah, Mantapkan Ibadah Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi"

Sumber Gambar: Mahasiswa Asistensi Mengajar UM 2023

Kegiatan Pondok Ramadhan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, mulai tanggal 10 hingga 11 April 2023. Pada hari pertama, tanggal 10 April siswa mendapatkan materi Ubudiyah terkait wudhu dan sholat yang disampaikan oleh Bapak Agus Salim di musholla, kemudian dilanjutkan kegiatan di kelas yakni praktik wudhu dan sholat, dan diakhiri dengan kegiatan tilawah Al-Qur'an bersama guru pendamping dan mahasiswa Asistensi Mengajar UM 2023. 

Sumber Gambar: Mahasiswa Asistensi Mengajar UM 2023

"Fiqh Ubudiyah merupakan ilmu fiqh yang membahas tentang tata cara ibadah dalam islam, salah satunya pembahasan mengenai tata cara wudhu dan sholat. Wudhu sebagai prasyarat awal sebelum kita melakukan ibadah sholat, sehingga penting bagi kita untuk menyempurnakan wudhu.

Diantara langkah-langkah wudhu adalah membaca niat, membasuh telapak tangan 3 kali hingga ke sela-sela jari, berkumur 3 kali, membersihkan lubang hidung 3 kali dengan cara menghirup air ke dalam hidung dan mengeluarkannya lagi, membasuh muka dari ujung kepala tumbuhnya rambut hingga bawah dagu, membasuh kedua tangan hingga siku sebanyak 3 kali, mengusap kepala 3 kali, mengusap kedua telinga secara bersamaan sebanyak 3 kali, mencuci kaki sampai mata kaki ataupun betis sebanyak 3 kali diikuti dengan jari-jari kaki disela-selai dengan jari tangan, dan yang terakhir adalah membaca doa setelah wudhu sebagai penyempurna" tutur Bapak Agus Salim, Senin (10/4/2023).

Pada hari kedua, tanggal 11 April siswa mendapatkan materi sholat jenazah oleh Bapak Rolatif di musholla, kemudian siswa diarahkan melakukan kegiatan pondok ramadhan di kelas yakni praktik sholat jenazah dan baca Al-Qur'an.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline