Lihat ke Halaman Asli

Tingginya Penyebaran Covid 19, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi Pencegahan Covid 19 Melalui 5M

Diperbarui: 8 Agustus 2021   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Katonsari, Demak (8/8/21) -- Sejak Januari 2020, virus corona diumumkan dapat menular antar manusia, dan sudah menjalar di berbagai negara di belahan dunia. Sehingga masyarakat harus selalu waspada agar tidak tertular atau menularkan Covid-19 ke orang lain karena semua orang punya risiko dapat tertular penyakit ini.

Kondisi seperti ini telah mengubah banyak pola gaya hidup masyarakat. Oleh karena itu warga di Desa Katonsari, Kabupaten Demak perlu melakukan adaptasi terhadap hal baru. 

Semakin maraknya peningkatan kasus positif COVID-19 nyatanya tidak iringi dengan pengetahuan pencegahan akan adanya virus covid-19. 

Hal ini terlihat dari masih banyaknya masyarakat Desa yang keluar rumah tanpa memakai masker ataupun menerapkan protokol kesehatan. 

Oleh karena itu, diperlukan edukasi ke masyarakat tentang pencegahan covid-19 melalui penerapan 5M atau dengan memperhatikan protocol kesehatan saat berkegiatan terutama saat berada di luar rumah.

Program edukasi ini dilaksanakan di Desa Katonsari tepatnya di RT 02 RW 03 secara door to door serta memberikan poster yang berisikan protokol kesehatan yang baik dan benar, dimana mahasiswa KKN akan mendatangi beberapa rumah warga dan memberikan edukasi secara singkat melalui media poster serta membagikannya kepada masyarakat setempat sebagai output program yang dilaksanakan.

dokpri

Pelaksanaan program ini dilakukan oleh mahasiswa dari TIM II KKN Universitas Diponegoro. Kegiatan edukasi ini dilakukan bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pencegahan Covid-19, sehingga mereka lebih paham dan mengerti bagaimana mencegah, menghadapi, dan menangani kasus Covid19 yang sampai saat ini kasusnya semakin meningkat secara signifikan.

Selain kegiatan edukasi pencegahan covid-19, pemberian hand sanitizer juga dilakukan sebagai salah satu cara mencegah virus corona. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya masyarakat yang kurang memperhatikan protokol kesehatan ketika keluar rumah. Oleh karena itu pembagian handsanizer dilakukan guna menambah semangat masyarakat agar taat menerapkan protokol kesehatan.

Dengan demikian mahasiswa berharap kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan dapat memberikan dampak yang positif untuk masyarakat khususnya warga RT 02 RW 03 Wiku Katonsari, Kabupaten Demak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline