Bagi para pelaku UMKM, untuk melakukan sebuah promosi produknya melalui sosial media itu sangatlah sulit. Mengapa? Karena mereka sangat awam dengan istilah meng-design-an untuk mempromosikannya produk mereka, salah satu cara mempromosikan dengan desian konten digital yang menarik.
Pada (28/10) kemarin, 20 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dan 10 UMKM Yogyakarta di Rumah BUMN (RuBY) Yogyakarta melakukan workshop ke-6 tentang menggunakan Canva untuk mengoptimalkan desian konten digital untuk sosial media para UMKM bersama pemateri Bondan Satria.
Pada pertemuan ini, mereka mempelajari bahwa desian menggunakan Canva itu sangatlah mudah. Tapi kita harus mengetahui terlebih dahulu basic dasar dari aplikasi/website Canva itu sendiri (canva.com).
Desain menggunakan Canva bisa dibilang tidak begitu rumit karena Canva sudah memiliki beberapa template untuk peng-design-an. Selain itu, Canva juga menyediakan font, elemen, video, foto, gift yang dapat membantu mendesain secara online. Dengan itu sangat mempermudah para UMKM untuk melakukan meng-design-an produk mereka.
Platform ini sangat cocok bagi para UMKM yang pemula dalam bidang desain, yang tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Canva ini sendiri bisa digunakan secara gratis maupun berbayar (Pro). Untuk menggunaannya juga bisa melalui hp atau website. (canva.com)
Dan ini salah satu hasil dari salah satu mahasiswa ilkom Unisa yang bernama Sartika Permasari, dalam membuat design konten untuk event yang akan dilakukan oleh salah satu UMKM di Yogyakarta yaitu UMKM Atelier Hanabira.
Untuk para UMKM bisa menggunakan Canva dalam mengoptimalkan hasil desain produknya. Para pelaku UMKM bisa memulai membuat konten seperti promosi produk, tips, trik, adanya diskon, dan lain sebagainya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H