Lihat ke Halaman Asli

Membangun Copywriting yang Efektif bagi Para Pedagang

Diperbarui: 29 Oktober 2022   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar dok. pribadi

Dengan adanya kuliah MBKM, 20 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta mengikuti kelas Kewirausahaan yang didampingi oleh Rumah BUMN Yogyakarta (RuBY). Di sana telah disediakan 10 UMKM Yogyakarta yang akan berkolabrasi dengan mahasiswa Unisa dalam branding produk mereka selama 1 bulan full. 

Pada pertemuan ke-5, kedua belah pihak mengikuti kelas dengan materi Copywriting Basic. Materi ini dijelaskan oleh Bondan Satria yang sudah menjadi pemateri di Rumah BUMN (RuBY) dari awal pertemuan. Pertemuan ke-5 ini dilaksanakan pada Selasa, 25 Oktober 2022, pukul 13.00 WIB.

Sebelum mendalami apa itu copywriting, akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu copywriting. Copywriting adalah menulis teks yang bertujuan untuk melakukan periklanan atau pemasaran suatu hal. Dengan adanya copywriting ini untuk melakukan tindakan tertentu yang ditujukan untuk membujuk seseorang. 

Maka, dengan perkembangan yang pesat saat ini, banyak pelaku usaha memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka secara luas. Oleh karena itu, Copywriting sangat dibutuhkan pelaku usaha untuk mempromosikan produk mereka dengan cara membujuk customer melalui caption yang mereka buat.

Ingat, saat nulis caption untuk periklanan, alangkah baiknya caption tersebut langsung ditujukan/dibayangkan untuk 1 orang saja. 

Dalam copywriting itu sendiri memiliki 3 pondasi menguat, yaitu.

1. Pahami Produkmu

Carilah 100 fakta tentang produkmu, baik secara kelebihan maupun kelemahan. Dalam 1 fakta ini dapat diubah menjadi (so what).

2. Pahami Pembelimu

Lakukan reset dengan metode what, who, when, what, for

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline