Lihat ke Halaman Asli

SISPALA RIMBA RAYA

Diperbarui: 25 November 2015   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

            SISPALA RIMBA RAYA __ Organisasi Pecinta alam

            Organisasi ini bernama SISPALA RIMBA RAYA, yang secara latin yaitu rimba yang berarti hutan dan lingkungan sedangkan raya yaitu besar dan luas, secara bahasa, siswa pecinta alam RIMBA RAYA adalah siswa yang mencintai, menjaga dan melestarikan alam lingkungan di bumi. Siswa pecinta alam Rimba Raya ini dibentuk di Sungai Lilin pada tanggal 18 Agustus 2008, dengan anggota pioneer Aef Fatturohman, Fitri Slamiyati, Ahmad Rosadi, Ismawan, dan Indah Lestari. Sispala Rimba Raya adalah organisasi yang berada dibawah naungan SMA Negeri 1 Sungai Lilin. Adapun visi dari sispala Rimba Raya ini adalah berkreatifitas karya mandiri menciptakan alam lestari dengan misi mewujudkan organisasi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman motto, semboyan serta kode etik pecinta alam.

 

            Sispala Rimba Raya ini memiliki azas kekeluargaan, kebersamaan, kemerdekaan, dan gotong royong untuk menjulang tinggi nilai-nilai yang berlaku di lingkungan masyarakat. Siswa pecinta alam ini berisikan anggota dari siswa-siswi SMA N 1 Sungai lilin dengan menjadikan azaznya untuk membantu program sekolah, pemerintah maupun masyarakat di bidang kepecinta alaman. Organisasi ini bertujuan agar para siswa dapat bersyukur kepada tuhan YME yang telah memberikan rahmatnya yaitu alam beserta isinya dengan dibuktikan mengenal, memelihara dan melestarikanya. Kegiatan organisasi ini yaitu mengadakan pelestarian alam lingkungan, melakukan pengenalan alam berupa teori dan praktik, melaksanakan kegiatan jasmani dan rohani serta menyediakan dan memelihara sarana dan prasarana berupa fasilitas dan perlengkapan kegiatan pecinta alam. Adapun devisi organisasi ini yaitu Monteneering, Caving, Climbing, Telurus Gua, Materi ruang serta Pengembangan minat dan bakat.

 

            Keanggotaan di organisasi ini yaitu Calon Anggota (CA) calon anggota yang terhitung sejak pendaftaran sampai orientasi, Anggota Muda (AM) anggota siswa pecinta alam yang telah mengikuti PLADIKSAR ( Pelatihan dan pendidikan dasar) dan pelantikan dinyatakan lulus, Anggota Biasa (AB) anggota siswa pecinta alam yang telah mengikuti DIKSAR ( Pendidikan Dasar) dan pelantikan dinyatakan lulus, Anggota Penuh (AP) anggota siswa pecinta alam yang telah mengikuti DIKLAT (Pendidikan lanjutan) dan pelantikan dinyatakan lulus, dan kemudian Anggota Luar Biasa (ALB) anggota siswa pecinta alam yang telah berstatus alumni di sekolah tersebut.

 

            Itulah biografi singkat tentang organisasi Siswa Pecinta Alam Rimba Raya.

Terimakasih telah membaca…..

 

 

Author : Srr1

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline