Lihat ke Halaman Asli

Coretan Kecil Masa Putih Abu-abu

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

CORETAN KECIL MASA PUTIHABU – ABU

( Sejuta Kenangan Bersama XII IPA 3)

SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR . . . . . .

Atau aku lebih senang menyebutnya bumi cendrawasih J

Tempat menyerap segalanya tentang kita, tentang masa indah putih abu-abu. Tempat itu lah yang menyempurnakan cerita kita. Tak terasa 3 tahun kebersamaan kita di sekolah tercinta ini, akan segera berakhir dan berpisah dengan semuanya. Berpisah dengan teman – teman tercinta, guru – guru yang setiap harinya menyuapi kami ilmu dan motivasi untuk menghadapi dunia ke depannya. Ruang kelas yang bagus tapi juga kadang- kadang jorok dan mulut siswa-siswi yang tak bisa diam. Kantin sekolah yang menjadi tempat wajib yang harus dikunjungi setiap harinya. Pagelaran konser akbar bak konser artis dunia persembahan teman kelas cowok seperti dari band lokalsekelas PETERPAN hingga band kenamaan seperti AEROSMITH, AVENGED SEVENFOLD , GREEN DAY hingga THE BEATLES, lawakan-lawakan bak OVJ di trans7yang selalu mengundang derai tawa dari mulut-mulut kami.

Mereka adalah segerombolan eh sekelompok maksud saya , sekelompok cowok- cowok keren ( ya gak sih hehe) yang tergabung dalam pasukan “ NAGA HITAM “. Grupnya bernama SERIGALA TERAKHIR . Ada Aghiel alias Ariel “ Aghiel Vino Saprianto G Bastian” yang ngefans dan sangat terobsesi bisa jadi seperti Ariel Peterpan dan Vino G. Bastian, Haikal alias AFgan biasa juga di panggil Ompol. Haikal bisa dibilang artis SMANIGA. Heeyy wooooowww…. Siapa yang gak kenal Haikal coba, cowok paling heboh dan kritis di kelas atau di sekolah. Master Matematika , Egiyang sering mengeluarkan kata-kata khas yang akhirnya jadi trend dalam kelas seperti : “ kenyunyuk, no roa kena leng bara otak neh,dan ketempal. Ada Valen alias Om yang diam-diam tedu lucu. Leko-leko gimana gitu,tapi ini cowok paling loyal deh, gak pelit sama teman. Terakhir ada Andrian alias Bohay yang sering ngegombalin cewek-cewek dalam kelas. Dia juga dijuluki Gonzales. Padahal secara tampang sih gak mirip. Hahaha. . . . .

Ada juga grup Cewek paling eksis namanya “ UNYU-UNYU “. Manusia grup ini adalah Si ketua kelas Gina yang ngakunya cucu Aburizal Bakrie , Sang Juara Taekwondo Vanny, Sandra sahabatnya si Ghina yang ngakunya juga cucu Yudhoyono, Wanty, cewek yang kuat foto-foto ngaku cucunya Budiono, ada Dhiny,dan yang sering ke WC, Lina. Selain itu ada juga Grup paling aman damai sentosa. Saya juga belum menemukan nama yang cocok untuk grup ini. Sepertinya tidak terdeteksi. Hahaha.Grup ini adalah grup cowok-cowok stress tapi asik yang gak pernah lupa ngerjain tugas-tugas. Manusia grup ini adalah Iqbal yang dijuluki “ketempal”, sering mengeluarkan kata-kata khas yaitu’ iiiiyyyoooosss’, Arief mantan Ketua Osis yang sering mengeluarkan kata- kata khas seperti ‘ ketempal, banga’, idiot dan awam, ada juga Derry cowok berkacamata yang dijuluki ‘Big Boss’, Sultan yang dijuluki ‘Abe Sultan yang sering kita comblangin sama Ayha. Ada Lalu anggota PASKIBRAKA Kabupaten Sumbawa yang sering dijuluki tiang listrik. Anaknya sih pendiam. Yang terakhir ini manusia paling aneh di kelas Saya, namanya Irwan. Orangnya lucu, asyik, ketempal, dan sok cool alias kol. Gaya jalannya sama poni tamparnya itu loh mana tahan.Kata-kata yang sering dia keluarkan itu adalah ‘ukil petinang, sampar uta, dan kan jauuuuhhh. Gak ngerti juga maknanya apa, pahami aja orangnya memang agak gila. Tapi, ibarat rokok Sampoerna Irwan itu “ gak ada loe gak rame”. Ada juga cewek-cewek pendiam di deretan meja paling belakang. Mereka adalahNinik, Halisya, Ratih dan Kusmiati yang dijuluki ‘miss hemat’. Ada yang berantem sesama teman kelas, ada yang cinlok (cieee moga langgeng ya), ada yang mendam perasaan (ungkapin aja ntar nyesal lo) ada yang suka comblangin teman lah. Pokoknya ada- ada aja.

Dengan berseragam putih abu-abu kita menghabiskan waktu dengan saling bertukar cerita , bercanda ria diselingi gosip – gosip hangat hingga tertidur di deretan kursi dan meja – meja kelas.

Hampir tiap hari ada aja adik kelas atau guru yang datang ke kelasminta izin sambil bilang

“ permisi pak, Haikal Akkad dipanggil ke ruang Bp”

“ permisi bu, Egi dipanggil ke ruang Bp”

“permisi , Ketua kelasnya dipanggil sama Ibu Dj di ruang guru”

“permisi bendahara XII IPA3 dipanggil KOPSIS”.

Hampir tiap hari juga Wali Kelas kami Ibu Hadijah alias Ibu Dj mondar – mandir depan kelas buat ngecek siapa yang gak datang.

Pertanyaan wajib yang selalu beliau lontarkan, “ Siapa yang gak hadir hari ini??. “

Begitulah suasana saat bersama anak-anak XII IPA 3 alias TWISTER ( Twelve Science Three Education Republic ). Canda,tawa,tangis ,meju, sedih, labil,galau semuanya terlukis jelas dalam memori kenangan di hidupku. Rasa kebersamaan dan jalinan persahabatan selamanya mengendap dalamrelung hatiku. Masa kita dipenuhi impian – impian tentang masa depan dan sering sekali menciptakan masa depan sendiri dalam khayalan masing-masing.

Seperti Arief bermimpi jadi pemimpin/ Putra daerah Sumbawayang akan membangun Sumbawa, Brangbara khususnya. Iqbal yang becita-cita jadi arsitek dan membangun rumah yang belum pernah ada bentuknya. Masa depan di mana kita hanya menjadi diri kita sendiri tanpa perduli bagaimana orang lain memandang kita. Suatu saat suasana ini akan kita rindukan , saat – saat dihukum oleh bapak ibu guru , suasana kelas yang seperti pasar, suasana 3 bulan terakhir sebelum Ujian Nasional yang harus memaksa otak untuk belajar.

Selamat menempuh dunia baru kawan, dunia penentu masa depan kita J

Jangan pernah lupakan masa indah kita di sekolah di bawah naungan langit Cendrawasihbersama seragam putih abu- abu kita J

Penulis:

Sri Widya Ningsih

“ siswi berkacamata absen 32 kelas XII IPA 3”

WE ARE TWISTER (Twelve Science Three Education Republic)

SAHABAT . . . .

SELAMAT MELANJUTKAN LANGKAH DEMI MASA DEPAN KITA

SAMPA I BERJUMPA DI TANGGA KESUKSESAN DENGAN SENYUM YANG LEBIH INDAH J




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline