Lihat ke Halaman Asli

Sri Wangadi

📎 Bismillah

Bagaimana Korelasi Antara Unmood dan Profil Picture WA yang Kosong

Diperbarui: 24 Agustus 2021   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto profil WA kosong/terhapus (Dokpri)

Ketika foto profil WhatsApp (WA) kamu lagi kosong, pernah gak langsung dichat-in sama teman dan langsung nanya kamu kenapa? Ada apa?  Lagi ada masalah ya? Lagi galau kah? Sini cerita sama Aku, siapa tahu kita bisa lebih deket.

Foto profil WA adalah kata-kata yang sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, foto profil adalah salah satu identitas yang melekat pada akun whatsapp kita yang bisa diatur sesuai keinginan penggunanya. Bisa berupa foto pribadi, foto pasangan, foto keluarga, foto pemandangan atau foto apapun yang ingin ditampilkan sebagai avatar oleh pemilik akun.

Ada dua asumsi paling umum saat profil WA kita lagi kosong, yang pertama dikira diblokir dan yang kedua penggunanya mungkin sedang ada masalah, itulah asumsi kebanyakan warga Indonesia raya saat ini. Sesimpel itu menyimpulakn sebuah situasi.

Padahal, Foto profil WA yang kosong atau sengaja dihapus oleh penggunanya bisa saja karena sengaja memberi pengaturan foto yang diprivat, atau lagi bingung milih foto yang mana, or emang gak suka pake profil, malas ribet gonta ganti foto atau malas pake foto profile, lagi gak punya foto yang bagus buat dipasang atau bisa saja memang yang punya akun sangat nyaman tanpa foto profil.

Namun, tidak menutup kemungkinan keadaan suasana hati bisa digambarkan melalui foto profil yang sengaja dihapus oleh penggunanya. Biasanya, seseorang yang sedang berada dalam masalah atau kondisi suasana hati yang sedang galau or unmood, akan sengaja menghilangkan alias menghapus foto profil WA-nya yang menandakan bahwa ia sedang berada pada keadaan atau suasana hati yang kurang baik.

Contoh kasus seperti itu banyak diakui secara terang-terangan oleh si pemilik akun WA, baik mengakuinya melalui media sosial ataupun cerita sama teman sebayanya.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaannya, bagaimana hubungan antara foto profil yang sengaja dihapus dengan suasana hati seseorang? ternyata ada alasan ilmiahnya nih untuk kondisi seperti ini.

Menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., seperti dilansir dari laman klik dokter, bisa saja orang mengganti profil picturenya untuk menunjukkan kondisi dan suasana hatinya saat itu. Menurutnya, orang yang menghapus foto profil-nya sedang menutupi atau menyembunyikan sesuatu dari lingkungannya.

Biasanya mereka lebih merasa nyaman ketika identitas wajahnya tidak terlihat oleh orang lain. Jadi sengaja menghapus foto profil untuk menarik diri sejenak dan akan kembali seperti biasa pada jangka waktu tertentu.

Jadi, seperti itulah kemungkinan alasannya mengapa seseorang yang lagi galau atau suasana hatinya sedang tidak baik langsung segera menghapus foto profil medsos mereka terutama WA yang sering digunakan untuk berkomunikasi pribadi oleh orang-orang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline