Mengembangkan Minat Belajar Matematika melalui Pendekatan Project-Based Learning dan Media TikTok di SD Negeri 1 Citemu
Oleh Sri Wahyuni, S.Pd.Sd
17 Agustus 2023
Pendidikan di era digital memerlukan inovasi untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Salah satu tantangan penting yang dihadapi adalah bagaimana memanfaatkan potensi teknologi dalam mendukung proses pembelajaran. Di SD Negeri 1 Citemu, kami merasa perlu untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran matematika, terutama di kelas V. Dalam upaya ini, kami mengadopsi pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dan memanfaatkan media TikTok untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika.
Latar Belakang
Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar masih terbatas di kalangan siswa kelas V. Mereka cenderung menggunakan internet untuk hiburan dan media sosial, sedangkan potensi belajar dari internet belum dimanfaatkan secara maksimal. Sebagai guru kelas dan walikelas, saya menyadari tantangan ini dan merasa bertanggung jawab untuk mencari solusi yang sesuai.
Keunggulan Pendekatan PjBL dan Penggunaan TikTok
Dalam rangka mengatasi tantangan tersebut, kami memilih untuk mengimplementasikan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dengan dukungan media TikTok. Pendekatan PjBL mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dengan merancang dan menjalankan proyek nyata yang relevan dengan materi pelajaran. Kami percaya bahwa metode ini akan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, seperti kemampuan analisis dan pemecahan masalah.
Salah satu poin kunci dalam pendekatan ini adalah pemanfaatan media TikTok sebagai alat pembelajaran. Konten edukatif yang disajikan dalam bentuk yang menarik dan interaktif akan lebih mudah menarik minat siswa. Media TikTok juga sesuai dengan preferensi generasi muda yang lebih responsif terhadap format visual dan singkat.
Strategi Implementasi