Lihat ke Halaman Asli

Sri Subekti Astadi

ibu rumah tangga, senang nulis, baca, dan fiksi

Animal Edukasi Bersama Taman Safari Indonesia II Prigen Jawa Timur

Diperbarui: 16 Februari 2016   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="https://www.google.co.id/search?q=taman+safari+prigen&espv=2&biw=1956&bih=995&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0ahUKEwjZ0c_MsPzKAhWSCY4KHXU8BYcQ7AkIQA&dpr=0.67#imgrc=JXGDMO9ceoQymM%3A"][/caption]

 

Tak kenal maka tak sayang. Begitu kata pepatah mengatakan. Begitu juga terhadap binatang, banyak orang yang  tak bisa menyayangi binatang, karena sedari kecil tidak pernah diperkenalkan dengan binatang. Sehingga sifat kasih sayang terhadap binatang sebagai sesama mahluk Tuhan, kurang dimiliki oleh seseorang. Sehingga banyak orang yang tega menyakiti, membunuh, dan menyiksa binatang tanpa berperasaan sedikit pun.

Dalam rangka mengenalkan dunia binatang terhadap anak-anak dan kita semua maka Taman Safari Prigen, Pasuruan Jawa Timur memperkenalkan berbagai program dalam rangka Enimal Education. Karena Taman Safari Prigen selain sebagai Lembaga Konservasi dan Rekreasi juga menjadi lembaga Edukasi binatang di terbesar di Indonesia.

Sebelum kita berbicara tentang Animal Edukasi lebih lanjut, alangkah baiknya bila kita juga mengenal lebih dekat apa itu Taman Safari Prigen, Pasuruan Jawa Timur. Karena sebagai Taman Safari kedua di Indonesia, belum banyak diketahui orang Indonesia, seperti saudara tuanya Taman Safari Cisarua Bogor, sebagai Taman Safara pertama di Indonesia. Walaupun sebenarnya Taman Safari Prigen Jawa Timur mempunyai wilayah yang lebih luas daripada  Taman Safari Cisarua Bogor.

Taman Safari Prigen, Pasuruan Jawa-Timur terletak di desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur Indonesia. Luas areanya lebih dari 350 hektar yang terletak di kaki gunung Arjuna. Lebih dari 200 spesies dengan jumlah satwa yang lebih dari 3000 satwa. Yang berasal dari berbagai wilayah di dunia, seperti Gajah Sumatra, Jerapah dari Afrika, bahkan ada Pinguin Humboldt dari Amerika Selatan. 

[caption caption="https://www.google.co.id/search?q=taman+safari+prigen&espv=2&biw=1956&bih=995&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0ahUKEwjZ0c_MsPzKAhWSCY4KHXU8BYcQ7AkIQA&dpr=0.67#imgrc=JXGDMO9ceoQymM%3A"]

[/caption]

 

Kita masuk ke dalam Taman Safari Prigen, seperti kita sudah masuk ke dunia binatang yang ada di hampir semua belahan bumi ini. Oleh sebab itu bila kita memang benar-benar ingin belajar tentang dunia binatang, kita harus cukup menyediakan waktu. Karena luas wilayah dan banyaknya satwa yang ada di Taman Safari Prigen ini kita membutuhkan waktu kira-kira 2 hari. Untuk itu Taman Safari Prigen juga menyediakan berbagai Restaurant dan Penginapan agar kita bisa lebih dekat dengan alam dan binatang. Seperti Gading Restaurant, Captain Kroc's Restaurant, Tiger Cave Restaurant : pengalaman unik menikmati hidangan terbaik dengan ditemani Hariamau Putih. Waroeng Deso, dan Safari Fried Chicken. Selain itu Taman Safari Prigen juga menyediakan tempat  stay atau Penginapan agar lebih dekat dengan alam. Yaitu Banteng Camp yang menyediakan 5 barak, dan untuk setiap barak bisa menampung 24 orang. Harga untuk rombongan menjadi sangat terjangkau.

[caption caption="https://www.google.co.id/search?q=banteng+camp+taman+safari&espv=2&biw=1956&bih=995&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0ahUKEwj5_IPEr_zKAhXMBY4KHfjsAYAQ7AkIMg&dpr=0.67#imgrc=KV0_2lwGoOPrYM%3A"]

[/caption]

 Sebagai lembaga Edukasi, Taman Safari Prigen memperkenalkan banyak program kepada masyarakat agar kita bisa mengenal lebih dekat dengan dunia binatang. Seperti :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline