Berikut ini saya akan memberikan kiat-kiat agar kita bisa sukses melakukan penjualan, baik untuk penjualan Direct Selling maupun yang Retailling :
Langkah 1
Lakukan hubungan dengankomunikasi yang efektif, seperti melakukan pembicaraan ringan sebelum melakukan penjualan. Bawalah konsumen untuk mengenal anda lebih jauh dan mempercayai anda. Berilah komentar yang tulus yang berhubungan dengan situasi dan biarkan hubungan ini berlanjut. Berikan senyuman yang tulus dan santai.
Langkah 2
Seorang penjual yang sukses harus mengerti kebutuhan pelanggannya, sebelum melakukan penjualan yang efektif. Luangkan waktu untuk mengenal pelanggan anda dengan mengajukan pertanyaan, dan dengarkan penuh perhatian. Sebagai konsultasi pribadi, berikan informasi yang lengkap dan pada saat menutup penjualan berikan rekomendasi yang spesifik pada pelanggan anda. Berikanlah pertanyaaan-pertanyaan terbuka yang diawali dengan Siapa, Apa, Mengapa , Kapan, Dimana dan Bagaimana. Perjelas apa yang anda tangkap, dengan meringkas dan menyatakan kembali. Saat anda telah mengetahui apa yang dibutuhka oleh pelanggan, ringkas kebutuhan mereka dan lakukan langkah berikutnya.
Langkah 3
Setelah anda mempelajari siapa pelanggan anda, identifikasi kebutuhan umum pelanggan dalam konsultasi pribadi untuk menentukan pruduk yang lebih spesifik, pelayanan dan peluang terhadap kebutuhan mereka. Jelaskan tentang manfaat pruduk daripada tampilannya. Pelangan akan tertarik suatu produk dan ingin tahu, apakah kebutuhan mereka akan terpenuhi sebelum memutuskan untuk membeli.
Langkah 4
Kini saatnya menanyakan pruduk mana yang akan mereka beli. Jika anda dengan efektif telah menentuka kebutuhan dan manfaat yang akan mereka peroleh, maka mereka akan penasaran dan segera membeli. Jangan sungkan untuk bertanya. Untuk menentukan pilihan pada pruduk yang anda tawarkan. Berikan asumsi seolah-olah pelanggan telah membuat keputusan untuk membeli. Terkadang pelanggan memerlukan bantuan untuk membuat keputusan "ya" atau "tidak", tanggapi pertanyaan yang dibutuhkan pelanggan untuk memutuskan.
Langkah 5
Terkadang pelanggan membutuhkan informasi untuk membuat keputusan. Untuk mengatasi penolakan setelah anda mengulang pernyataan penolakan tersebut dan merefleksi perasaan pelanggan anda. Menyatakan kembali adalah suatu tehnik mendengar yang membuat anda memiliki suatu pengalaman untuk memperhatikan orang lain. Tetap tunjukkan kejujuran dan ketulusan anda dalam memberikan informasi.