Lihat ke Halaman Asli

Sri Agustin

Mahasiswa/Prodi PGSD/Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Animasi dalam Pembelajaran IPS

Diperbarui: 2 Januari 2023   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda. Sangat penting bagi guru memperhatikan beberapa gaya yang berbeda-beda ketika akan merancang pembelajaran, baik itu strategi, metode, media pembelajaran dan aktivitas-aktivitas yang melibatkan peserta didik.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan melihat gaya belajar peserta didik tersebut yakni menggunakan media ke dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memberi warna baru dalam proses pembelajaran, sehingga dengan adanya media pembelajaran peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kreativitasnya dan kemampuannya khususnya pada mata pelajaran IPS.

Melihat dari fungsi utama media pembelajaran, salah satunya yaitu memotivasi atau meningkatkan minat belajar peserta didik. Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas, guru dapat memanfaatkan media dalam pembelajaran. Media yang dapat digunakan diantaranya yaitu media video animasi.

Media video animasi merupakan suatu media yang menggabungkan media audio dan media visual untuk menarik perhatian peserta didik, mampu menyajikan objek secara detail dan dapat membantu memahami pelajaran yang sifatnya sulit.

Secara umum penggunaan media pembelajaran berupa video animasi dalam proses pembelajaran memiliki manfaat sebagai berikut:

1) mampu menumbuhkan motivasi dan minat belajar peserta didik dikarenakan pengajar akan lebih menarik perhatian.

2) Makna bahan pengajaran akan menjadi lebih jelas sehingga dapat di pahami peserta didik dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran.

3) Metode mengajar akan lebih bervariasi.

4) Mampu meningkatkan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar.

5) Dapat menjelaskan materi pembelajaran menjadi lebih sederhana, serta

6) Memaksimalkan seluruh indera.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline