Lihat ke Halaman Asli

SRI SARIWARNI

Guru Di SMAN 79 Jakarta

Pemandian Air Panas Cise'eng Bogor

Diperbarui: 3 Juli 2023   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar milik pribadi 

SEJARAH TIRTA SANITA, CI SE'ENG, BOGOR 

Mumpung masih ada sisa libur satu minggu, yuk kita coba jajaki tempat wisata sekaligus pengobatan di sekitar Bogor, yang tentunya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Kemana...? Ci se'eng, Cogrek, Bogor. Tidak jauh kok. Hanya berjarah sekitar kurang lebih 26 Km dari Jakarta atau dengan kendaraan, 45 menit. 

Pemandian air panas Tirta Sanita di Kawasan ini dahulunya adalah bekas letusan gunung berapi yaitu Gunung Panjang, dan membentuk celah celah yang menyerupai kolam dengan berdinding endapan sulfur, sehingga jika kita foto, memang indah bangets, istilah anak sekarang, instagrammable deh. Karena endapan sulfur yang membatu membentuk bebatuan berwarna putih indah. 

FASILITAS 

Jika kita datang kesini, jangan lupa untuk membawa ; baju ganti, peralatan mandi sendiri dan menjaga sendiri segala bawaan kita. Karena memang tidak disediakan tempat penitipan barang atau loker. Memang pemandian ini mungkin ingin tampil lebih alami. apa adanya. Karena menurut saya, disitulah letak ke eksotisan tempat ini. 

Dengan sarana parkir yang luas, ketika kita keluar dari mobil, sudah disapa dengan indah dan alaminya tempat ini. Sapaan para pedagang disekitar pinggiran tempat masuk wahana, juga memperindah dan memeriahkan penyambutan kami. 

Para pedagang menawarkan aneka jajanan yang bisa kita bawa ke dalam. Setelah melewati jajaran para pedagang, kita disambut dengan gapura ucapan selamat datang di Tirta Sanita, Cogrek Bogor. dan sampai di loket, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya dengan Rp 15.000 per orang, kita sudah bisa menikmati wahana berendam di air panas belerang yang konon katanya kandungan sulfurnya terbaik se Asia. 

Untuk mencapai kolam pemandian, kita harus menapaki anak tangga yang berjumlah sekitar 45 anak tangga. Sedikit, kan.....? sampai di anak tangga yang tertinggi, kita disapa lagi oleh barisan pedagang, yang tidak banyak sih, hanya sekitar 6 kios, mereka menawarkan aneka makanan dan minuman, khas bogor, yaitu ada Soto Mie, Toge Goreng, dan menu sejuta ummat Indonesia, yaitu baso dan mie ayam. Serta aneka minuman mulai dari minuman air mineral, sampai aneka minuman saji seperti kopi, susu, teh, dan sebagainya. 

setelah melewati barisan pedagang, kita disapa oleh penjaga tiket, untuk disobek tiket kita sebagian, sebagai pengecekan akhir. Disebelah kiri pintu masuk, ada berjajar empat kamar khusus untuk mandi VIP dengan biaya yang relatif murah juga.  Setiap kamar dipisah, untuk laki - laki tersendiri, dan untuk perempuan juga tersendiri. Tapi kita harus antri ya.... Karena kamar yang hanya sedikit. Maklum VIP. Untuk tarifnya, cukup murah. Mulai dari 30 menit per orang seharga Rp 30.000 sampai yang satu jam atau 60  menit di harga Rp. 60.000 saja. 

Nah...... untuk yang pemandian umum, kita bisa pilih, ada di barisan paling atas, tersedia dua kolam, dengan masing - masing pancuran airnya yang dialurkan melalui selang dari sumber air ke tiap kolam. 

Kolamnya hanya bisa memuat dua orang dewasa dan 4-5 orang anak anak. dibawahnya, ada kolam yang lebih besar, bisa untuk beramai - ramai. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline