Lihat ke Halaman Asli

Sri Rohmatiah Djalil

TERVERIFIKASI

Petani, Ibu dari 1 putri, 1 putra

Kejutan Sepanjang Tahun 2023 yang Dapat Diambil Hikmahnya

Diperbarui: 1 Januari 2024   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto hasil tangkap layar dari IG Kompasiana.  

Banyak orang menunggu detik-detik pergantian tahun 2024 dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut seperti mengunjungi pusat kota, berkumpul dengan sanak keluarga sambil makan dan bakar jagung, ada pula pengajian dan lain sebagainya. 

Apapun cara kita menyambut tahun baru, tentunya banyak harapan untuk tahun 2024. Untuk mencapai harapan tersebut, kita harus belajar dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang telah terjadi.

Malam terakhir tahun 2023, saya ingin berbagi secuil kisah yang mungkin bisa mejadi pelajaran bagi pembaca.

1.  Kematian

Tahun-tahun sebelumnya saya kehilangan orang tua untuk selamanya. Siapa pun pastinya akan sedih terutama ketika Ibu tiada. Tahun 2023, tujuh hari setelah Idulfitri Ibu mertua pun berpulang dalam usia 98 tahun. 

Usia hampir 100 tahun, Mae begitu saya memanggilnya sehat. Penglihatannya normal, pendengarannya berkurang baru sekitar satu tahun. Jalan pun masih bisa tanpa bantuan kursi roda, walaupun perlahan.  

Satu pekan jelang Idulfitri kaki Mae dingin dan katanya jempe atau tak merasakan apa-apa. Sejak itu aktivitasnya mulai di tempat tidur. Setiap hari fungsi tubuhnya berkurang, mulai tidak bisa bicara, tidak melihat, tidak bisa menelan makanan. Tangannya yang memberi isyarat jika ingin minum atau melaksanakan salat. Satu pekan selanjutnya, bada alat subuh, Mae tiada. 

Kehilangan orang tua dapat diambil hikmahnya. Besok kita pun akan mengalami hal yang sama. Sudah siapkah bekal yang kita bawa? Rasanya saya belum cukup bekal. 

2. Melaksanakan ibadah haji

Ketika tujuh hari wafatnya Mae. Saya dan suami mendapat panggilan dari Kemenag untuk melunasi biaya ibadah haji reguler. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline