Lihat ke Halaman Asli

Sri Rohmatiah Djalil

TERVERIFIKASI

Petani, Ibu dari 1 putri, 1 putra

Satu Rasa Penuh Makna

Diperbarui: 8 November 2020   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Seluruh mata terpejam, sekujur tubuh terlena dalam pembaringan, harapan terbang di angkasa seakan sudah tidak dapat diraih kembali. Aisyah masih terjaga di samping si sakit. Ingin rasanya  wanita cantik berhijab itu menangis menyaksikan suaminya. Tubuh terkujur kaku di pembaringan menahan rasa sakit yang dideritanya sejak lama.

Hidup Aisyah yang menderita semakin nestapa karena pelindung keluarga lemah tak berdaya. Memikirkan putri yang menginjak remaja, rasanya beban berat bagi Mira untuk melanjutkan hidup sendiri.

Wanita muda yang selalu tersenyum bahagia bersama suami dan putri semata wayang. Kali ini dicekam rasa ketakutan yang amat sangat ketika menyaksikan suaminya. Dia berjuang mempertahankan roh agar tetap di dalam raga.

Kedua tangan wanita cantik itu memegang dada Abdul dan berbisik, "Berjuanglah Pak, aku, dan putri kita akan membantumu dalam perjuangan ini, cerita kita belum usai."

Tiba-tiba tangan Abdul bergerak perlahan, mata mulai terbuka sedikit demi sedikit, Aisyah  terperanjat bahagia. Bel panggilan suster ditekannya, garis kekhawatiran di pipi wanita berkulit putih itu masih terlihat jelas.

"Jangan khawatir Bu, suaminya masih masa pemulihan setelah operasi ginjal." Keterangan suster cukup melegakan Aisyah.

"Bu, maafkan bapak ya, dari mana ibu mendapatkan uang untuk operasi bapak?" tanya Abdul lirih.
Aisyah tersenyum, supaya suaminya tidak gusar dengan masalah biaya operasi.

"Bapak tenang saja, kita masih punya tabungan sedikit, itu sudah cukup untuk biaya operasi," sambil mengelus kening suaminya, Aisyah membacakan shalawat dengan suara lirih tapi merdu didengar.

Tujuh hari dirawat di rumah sakit Islam, cukup menguras tabungan Aisyah yang selama sepuluh tahun dikumpulkannya dari hasil panen sawah.

Kesehatan Abdul sudah mulai membaik. Akan tetapi Aisyah melarang suaminya untuk bekerja di sawah, cukuplah memerintah orang. Aisyah sendiri mulai memberanikan diri pergi ke pasar sendiri tanpa ditemani suami.

Berada di jalanan sepertiga malam, itu suatu ketakutan bagi Aiyah, namun apa boleh dikata, kehidupan harus berlangsung, biaya berobat suaminya membengkak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline