Lihat ke Halaman Asli

Sri Purnawati

Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI Melaksanakan Sosialisasi dan Pendampingan Budidaya Toga Melalui Program PPK Ormawa 2022

Diperbarui: 10 November 2022   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ketika sebuah organisasi mahasiswa diberikan kesempatan menjadi promotor sebuah program, maka bergelora lah semangat pengabdian untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan dan karakter literat di tengah masyarakat. Himpunan Mahasiswa Biologi adalah Organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Beberapa waktu yang lalu, Kami dari Mahasiswa Himpunan Biologi lolos pada salah satu program KEMENDIKBUD yaitu program PPK yang merupakan akronim dari Program Penguatan Kapasitas Ormawa dengan judul "Pemberdayaan Masyarakat Desa Waluran Melalui Konservasi Tanaman Obat Sebagai Pusat Edukasi dan Bisnis Berbasis Masyarakat Pada Kawasan Geopark Ciletuh"

Dengan adanya program ini, bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan potensi tanaman obat di daerah waluran, mengedukasi masyarakat terhadap potensi dan budidaya tanaman obat. Dalam kegiatan ini HIMABIO Bermitra dengan desa waluran untuk membentuk kawasan budidaya tanaman obat. 

Kegiatan ini membuahkan tangan terbuka dari  pihak mitra bahwa dalam pelaksanaannya dapat digunakan sarana edukasi dan sarana pengembangan ekonomi masyarakat yakni taman konservasi dengan membentuk kelompok konservasi dan kelompok usaha masyarakat melalui pemanfaatan tanaman obat, mensosialisasikan cara mengembangkan kawasan konservasi tanaman obat untuk meningkatkan perekonomian  masyarakat sekitar. Hal-hal ini diharapkan mampu mendobrak batas-batas ketidaksadaran masyarakat terhadap potensi lokal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline