Lihat ke Halaman Asli

Sri Oktafiani N

Communication Science Student

Wajib Tahu Arti Warna Darah Menstruasi

Diperbarui: 10 Januari 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source MeetYou

Kalian pernah ga sih saat darah menstruasi ada yang aneh? Misalnya warna darah saat keluar berbeda dari biasanya. Normalnya darah menstruasi yang Normal biasanya berwarna merah. Harus waspada ketika darah menstruasi yang keluar berbeda dari biasanya.

Warna darah menstruasi ternyata mempunyai artinya masing masing loh dan ini juga berkaitan dengan kondisi kesehatan kamu, terutama bagian produksi dan organ vital. Penasaran apa saja artinya simak selengkapnya dibawah ini !!

Merah muda

Darah mestruasi yang keluar bisa berwarna merah muda, biasanya muncul pada saat awal menstruasi dan menjelang periode selesai. Warna darah menstruasi merah muda artinya kadar estrogen di dalam tubuh rendah.


Merah gelap                                                                  

Warna gelap maka artinya siklus menstruasi akan segera berakhir.


Merah menyala

Warna merah menyala merupakan hal yang normal jika terjadi pada awal menstruasi, tapi akan menjadi berbahaya jika warna merah terus bertahan lama dan berlebihan karena ini tandanya ada infeksi, seperti gonorrhoea hingga gejala fibroids.


Coklat

Warna darah coklat hampir mempunyai arti yang sama dengan merah gelap yaitu siklus menstruasi akan berakhir, tapi darah coklat juga menandakan kadar progesterone dalam Rahim rendah.


Oranye

Harus berhati hati jika darah yang keluar berwarna oranye karena tandanya terinfeksi penyakit menular seksual atau infeksi bakteri. Segeralah periksakan ke dokter jika mengalami seperti ini.


Abu abu

Jika memiliki darah menstruasi warna abu abu harus waspada karena bisa jadi kamu terinfeksi rahim dan biasanya disertai dengan gejala lainnya seperti demam, nyeri, serta gatal di seputar area miss V. Maka jika mendapatkan tanda seperti itu segeralah periksakan ke dokter.


Darah hitam

Darah hitam tandanya siklus menstruasi kamu akan segera berakhir.

sumber : MeetYou



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline