Lihat ke Halaman Asli

Sri Nugrahani R K

Public Relations College Student

Yakin Sudah Memilih Diet yang Tepat, Miskonsepsi Diet Gluten Free

Diperbarui: 24 Oktober 2023   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

unsplash.com

Diet merupakan pengaturan pola makan, seperti mengurangi jumlah porsi bahan makanan, menghindari makanan tertentu dan yang lainnya untuk mencapai tujuan kesehatan.

Di tahun 2023 ini, sudah marak berbagai jenis makanan untuk khusus diet. Dimulai dari sugar-free, dairy-free, gluten-free dan lain-lain. Dapat diketahui apabila sugar-free artinya mengurangi konsumsi gula, karena jika tidak diatur dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit, begitu juga dengan garam dan protein susu.

Namun, apa tujuan dari makanan bebas gluten atau biasa disebut dengan gluten-free?

APA ITU GLUTEN-FREE?

Gluten-free atau bebas gluten merupakan sebutan bagi makanan yang tidak memiliki protein gluten di dalamnya. Protein gluten merupakan protein yang biasanya terdapat di dalam pati dari biji-bijian dan serealia yang berfungsi sebagai perekat dan juga pemberi bentuk pada produk makanan.

Orang-orang seringkali mengira dengan mengurangi konsumsi gluten bisa mengurangi berat badan, karena pemotongan asupan gluten tidak ada hubungannya dengan berat badan dan walau dokter tidak merekomendasikan diet ini pada orang yang sehat.

Penurunan berat badan terjadi, sebab mayoritas makanan yang mengandung gluten merupakan makanan berkalori dan berlemak tinggi. Oleh karena itu, orang yang melakukan diet bebas gluten berhasil menurunkan berat badannya.

PRODUK YANG MENGANDUNG GLUTEN

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, makanan yang mengandung gluten umumnya ditemukan pada biji-bijian dan serealia. Kemudian, gluten bersumber dari makanan apa lagi?

  1. Gandum

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline