Lihat ke Halaman Asli

Sri Lala Musaropah

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi

Mau Jadi MAPRES tapi Bingung Harus Ngapain? Baca di Sini Tipsnya!

Diperbarui: 20 Juni 2024   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.eventhunterindonesia.com/mahasiswa-berprestasi-apa-si/

Tips Menjadi Mahasiswa yang aktif berprestasi 

Menjadi mahasisawa aktif yang berprestrasi menjadi Impian banyak orang. Namun, untuk mencapai hal tersebut sangat memerlukan sebuat strategi yang baik. Untuk mencapainya diperlukan komitmen, kedisiplinan, dan strategi yang tepat. Berikut ini beberpa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya aktif dalam berbagai kegiatan namun juga berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

1. Manajemen waktu

Manajemen waktu yang baik menjadi kunci utama dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan akademik, organisasi bahkan kehidupan pribadi. Maka, buatlah jadwal harian, mingguan, hingga bulanan. Yang didalamnya mencakup waktu belajar, waktu bermain, waktu istirahat, kegiatan organisasi, sampai hiburan. Alat yang bisa anda gunakan untuk mengatur ataupun membuat jadwal kegiatan seperti kalender digital ataupun cetak, aplikasi manajeman waktu atau planner untuk mengatur waktu anda. Hal yang perlu anda perhatikan dalam menetapkan prioritas dan terus konsisten mengikuti jadwal yang telah anda buat dengan disiplin.

2. Aktif dalam Kegiatan Organisasi

Ikut serta dalam organisasi kemahasiswaan tentunya dapat memberikan banyak manfaat, termasuk memperluas jaringan pertemanan, kepemimpinan, bahkan keterampilan sosial. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat anda, dan ikut terlibat aktif dalam dalam setiap kegiatan yang akan laksanakan. Selain dapat memperkaya pengalaman, Ketika anda ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, anda dapat menambah nilai pada CV anda untuk masa depan. Organisasi ini, sering kali menjadi sebuah tempat untuk belajar bagimana tentang kerja sama tim, penyelesaian masalah, hingga manajemen waktu.

3. Menjaga Kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental point utama yang sangat penting dalam meraih prestasi. Pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur. Jika anda kurang tidur dapat mengurangi kemampuan konsentrasi anda juga dapat mempengaruhi kinerja akademik. Selain hal itu, sesekali anda meluangkan waktu untuk kegiatan yang dapat menghilangkan atau mengurangi stress atau bisa saja melakukan hal-hal yang anda senangi. Seperti jalan-jalan, berkumpul dengan teman, melakukan hobi anda atau bahkan meditasi. Jangan ragu atau sungkan untuk meminta bantuan jika anda sudah merasa tertekan atau meraskan kecemasan yang berlebihan.  

4. Membuat target dan rencana belajar

Dari awal semester tentukanlah tujuan akademik anda dan buat rencana belajar untuk mencapainya. Dari target besar anda pecahlah menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah untuk dilakukan ataupun dicapai. Contohnya, jika anda ingin mendapatkan nilai yang bagus di salah satu mata kuliah, anda harus merencanakan kapan anda mempelajari Pelajaran atau materi yang disampaikan pada mata kuliah terebut, belajar untuk menghadapi ujian, dan mengerjakan tugas. Lakukan evaluasi pencapaian secara berkala sesuai rencana yang diperlukan.

5. Mencari Peluang untuk Pengembangan Diri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline