Lihat ke Halaman Asli

Sri Haryati

Mahasiswi

Peran Perencanaan Srategis MSDI

Diperbarui: 13 Juni 2022   19:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan dosen pengampu bapak Dr. Syaeful Bahri, S. Ag., M. M., CHCM."

_______________

     Peran perencanaan strategis sumberdaya manusia ini diawali dengan menganalisa kompetensi sumber daya manusia yang ada pada saat ini, setelah itu melakukan perbandingan antara kebutuhan dan juga kualitas sumberdaya manusia pada masa yang akan datang.

     Perencanaan strategis SDM ini secara umum menekankan kepada peran proaktif pada fungsi sumberdaya manusia itu sendiri, karena sebagai dua pihak yang memformulasikan rencana strategis pada perusahaan tersebut, selain itu juga memberikan program SDM yang berkualitas dan baik untuk memastikan bahwa perencanaan tersebut saat berjalan secara efektif pada saat pelaksanaannya.

     Perencanaan strategis SDM ini adalah terdiri dari rangkaian-rangkaian kegiatan yang dilaksanakan agar dapat mengantisipasi adanya permintaan bisnis dan juga lingkungan pada organisasi pada masa yang akan datang serta agar dapat terpenuhinya kebutuhan karyawan yang disebabkan oleh kondisi tersebut.

     Makadari itu, pada suatu perusahaan terdapat manajer lini serta supervisor yang akan bertanggung jawab untuk memberikan adanya informasi-informasi apa saja yang diperlukan untuk perencanaan strategis tersebut, dan bekerja dengan manajer sumberdaya manusia agar dapat memastikan SDM yang ada didalam perusahaan tersebut dapat bekerja dengan efektif dan juga sesuai dengan penempatannya.

     Perencanaan sumberdaya manusia dapat bermanfaat untuk beberapa hal seperti:

1. Membantu manajemen untuk dapat mengantisipasi adanya kekurangan maupun kelebihan SDM dan juga agar dapat memperbaiki ketidakseimbangan, dengan begitu dapat mengurangi biaya operasional perusahaan

2. Memberikan pengembangan untuk perencanaan karyawan sehingga dapat bekerja secara optimum

3. Dapat memperbaiki proses dari perencanaan bisnis secara keseluruhan

4. Memberikan peluang yang sama bagi seluruh karyawan baik perempuan maupun laki-laki dan tanpa membedakan anggota kelompok mayoritas maupun minoritas, dalam perencanaan pertumbuhan perusahaan pada masa yang akan datang nanti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline