Lihat ke Halaman Asli

srihandayani

mahasiswa

Artikel Mengenai Dimensi Citra Public Relations dan Jenis-Jenisnya

Diperbarui: 20 Desember 2024   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian Citra

Citra merupakan konsep abstrak yang mencerminkan impresi atau pandangan publik terhadap suatu organisasi, lembaga atau individu. Citra ini terbentuk dari pengetahuan, pemahaman dan pengalaman yang kemudian mempengaruhi persepsi dan sikap publik.

Dimensi Citra

Citra memiliki beberapa dimensi yang mempengaruhi pembentukannya, antara lain:

1. Pengalaman langsung dengan organisasi atau produk.
2. Komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan organisasi.
3. Kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.
4. Identitas visual dan nonvisual organisasi.
5. Hubungan dengan konsumen, rekan bisnis dan masyarakat.

Jenis-Jenis Citra

Menurut Jefkins (1995), ada beberapa jenis citra yang dikenal di dunia aktivitas Humas (PR), yaitu:

1. Citra Bayangan (Mirror Image)

 Citra yang melekat pada orang dalam atau anggota organisasi.


2. Citra yang Berlaku (Current Image)

Citra yang melekat pada pihak luar mengenai suatu organisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline