Pengertian Citra
Citra merupakan konsep abstrak yang mencerminkan impresi atau pandangan publik terhadap suatu organisasi, lembaga atau individu. Citra ini terbentuk dari pengetahuan, pemahaman dan pengalaman yang kemudian mempengaruhi persepsi dan sikap publik.
Dimensi Citra
Citra memiliki beberapa dimensi yang mempengaruhi pembentukannya, antara lain:
1. Pengalaman langsung dengan organisasi atau produk.
2. Komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan organisasi.
3. Kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.
4. Identitas visual dan nonvisual organisasi.
5. Hubungan dengan konsumen, rekan bisnis dan masyarakat.
Jenis-Jenis Citra
Menurut Jefkins (1995), ada beberapa jenis citra yang dikenal di dunia aktivitas Humas (PR), yaitu:
1. Citra Bayangan (Mirror Image)
Citra yang melekat pada orang dalam atau anggota organisasi.
2. Citra yang Berlaku (Current Image)
Citra yang melekat pada pihak luar mengenai suatu organisasi.