Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam perkembangan diri adalah pendidikan. Dalam hal ini pendidikan diartikan sebagai tindakan atau usaha yang dilakukan oleh seseorang (guru) untuk mencapai tujuan demi perubahan atau untuk mencapai kondisi yang lebih baik pada diri anak. Salah satu aspek yang dapat berkembang karena adanya program pendidikan adalah aspek perkembangan fisik. Perkembangan fisik anak akan berkembang secara baik dengan danya program pendidikan, baik pendidikan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat.
Menurut Beichler dan Snowman anak usia dini adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun.masa anak usia dini sering di sebut dengan istilah "golden age" atau masa emas. Pada tahap ini potensi yang dimiliki anak memiliki rangsangan yang sangat peka untuk tubuh dan berkembang secara tepat. Setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sama, tergantung proses kematangan masing-masing anak. Makanan dan minuman yang bergizi serta stimulasi yang optimal juga sangat diperlukan anak untuk tumbuh dan berkembang.
Menurut Psikologi, ada beberapa pengaruh pendidikan dalam perkembangan anak usia dini yaitu :
- Mengalami perubahan yang intensional, yaitu perubahan yang terjadi atas kesadaran individu itu sendiri.
- Mengalami perubahan yang berkelanjutan, yaitu pengetahuan dan keterampilan dalam yang dimiliki anak akan bertemabah dan berlangsung secara berkelanjutan di masa yang akan datang.
- Mengalami perubahan yang bersifat aktif yaitu apabila seorang anak ingin berkembang pada suatu ketrampilan tertentu maka anak harus berusaha dalam hal yang diinginkan tersebut untuk mendapatkan perubahan perilaku yang baru dan tentunya lebih baik dari sebelumnya.
- Mengalami perubahan bersifat permanen, yaitu perubahan yang terjadi pada diri anak yang diperoleh dri proses belajar cenderung akan menyatu dalam diri anak tersebut.
- Mengalami perubahan yang bertujuan dan terarah, yaitu pendidikan yang diberikan kepada anak harus memiliki fungsi pada perkembangan diri anak dimasa sekarang dan di masa depan kepada suatu tujuan pengajaran yang ingin dicapai.
- Menglami perubahan perilaku secara keseluruhan, yaitu dengan pendidikan tidak hanya kan merubah aspek pengetahuan pada diri anak, tetapi juga perubahan mental sikap dan ketrampilannya ke arah yang lebih baik dan positif.
- Mengalami perubahan fungsional, yaitu setiap perubahan perilaku pada diri anak akan berpengaruh pada kebaikan dan kepentingan individu yang bersangkutan yang tentunya dapat diaplikasikan dalam kehidupan saat ini hingga masa depan.
- Mengalami perubhan kecakan intelektual, yaitu dengan pendidikan anak akan mendapatka kecakapan intelektual. Kecakapan intelektual pada anak ini akan mengembangkan ketrampilan anak dalam melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya memanfaatkan simbol-simbol.
- Mengalami perkembangan pada kecakapan motoriknya, yaitu kecakapan motorik yang dimiliki anak akan berkembang ebih kuat dari pada sebelumnya karena memang secara terus menurus sudah dilaitih.
- Mengalami perubhan yang disengaja pada aspek kehidupan individu yang bersangkutan, dengan pendidikan tidak hanya pengetahuan dan keterampilan akan pelajaran yang kan bertembah , tetapi pada umummny semua aspek dalam diri anak berubah ke arah yang lebih baik.
Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang bertujuan untuk melakukan pembinaan dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia 0-6 tahun.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H