Perkembangan anak di kehidupan bermasyarakat
Perkembangan anak dalam konteks kehidupan sosial merupakan topik yang kompleks dan
penting dalam psikologi perkembangan. Dua teori yang sangat mempengaruhi pemahaman tentang
perkembangan anak dalam lingkungan sosial adalah teori Jean Piaget dan Lev Vygotsky.
*Teori Jean piaget menjelaskan urgensi peran kognisi dalam perkembangan anak. Piaget menggambarkan anak-anak membangun pengetahuannya sendiri melalui tahapan perkembangan kognitif. Dalam konteks
kehidupan sosial, teori Piaget menyoroti bagaimana anak memperoleh dan mengadaptasi
pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan sosialnya. Anak-anak belajar dengan bereksplorasi,
bertanya, dan membangun pengetahuan bersama teman sebaya dan orang dewasa. Sementara itu, *Teori Lev vygotsky
menegaskan peranan lingkungan sosial dalam tumbuh kembang anak. Teorinya
memperkenalkan konsep bidang perkembangan nyata, dimana anak dapat belajar dari interaksi
dengan orang yang lebih berpengalaman. Dalam kehidupan sosial, Vygotsky mengemukakan bahwa