Lihat ke Halaman Asli

Teknologi dalam Pendidikan: Masa Depan Belajar Mengajar

Diperbarui: 8 Januari 2024   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teknologi dalam Pendidikan: Masa Depan Belajar Mengajar
Dalam era digital ini, teknologi telah merubah cara kita belajar dan mengajar. Dari kelas tradisional hingga pembelajaran online, teknologi telah membuka peluang baru dalam pendidikan. Artikel ini akan membahas beberapa tren terkini dalam dunia pendidikan yang relevan bagi para guru.

1. Teknologi Pendidikan dalam Belajar-Mengajar
Pengajaran menggunakan teknologi memang menimbulkan tantangan tersendiri bagi guru, namun hal ini juga membuat para pendidik dapat lebih fleksibel menawarkan jam pengajarannya1. Misalnya, siswa bisa menyimak gurunya melalui video secara langsung atau melihat versi rekaman mereka. Tren ini juga membuat para guru belajar menciptakan berbagai gaya mengajar yang berbeda.

2. Pelatihan Soft Skill
Berdasarkan laporan dari Future of Jobs, beberapa soft skill yang krusial dalam dunia kerja adalah berpikir kritis, pemecahan masalah, manajemen sumber daya manusia, dan kreativitas1. Oleh karena itu, sekolah dan guru perlu mengembangkan sistem yang mendukung hal ini.

3. Menurunnya Rentang Perhatian Siswa
Menurut studi dari Microsoft, rentang perhatian manusia berkurang sebanyak empat detik, dari 12 ke 81. Oleh karena itu, generasi milenial dan generasi di bawahnya lebih fokus pada aspek narasi dan visual dalam konten.

4. Mengajar Versus Memfasilitasi Pembelajaran
Kini, para guru lebih tampak seperti fasilitator, sebab dengan informasi yang mudah didapatkan, siswa merasakan ada kemerdekaan dalam belajar. Di samping itu, guru juga perlu belajar menciptakan lingkungan yang mendukung kerja sama tim dan dialog bernuansa akrab.

5. Pemanfaatan AI untuk Personalisasi Pendidikan
Era kecerdasan artifisial, Artificial Intelligence (AI) telah tiba dan membawa dampak signifikan pada pendidikan. Sistem yang berbasis AI dapat menciptakan kemampuan untuk menyediakan pembelajaran yang dengan kemampuan personalisasi, menyesuaikan materi pembelajaran berdasarkan kebutuhan individu.

6. Perubahan Learning Experience dengan VR dan AR
Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) menawarkan cara baru untuk menyajikan mata pelajaran yang kompleks serta sulit dijelaskan atau dipraktikkan di kelas.

Dengan memahami dan mengadaptasi tren-tren ini, guru dapat terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan mempersiapkan siswa mereka untuk masa depan yang semakin digital dan teknologi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Dengan memahami dan mengadaptasi tren-tren ini, guru dapat terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan mempersiapkan siswa mereka untuk masa depan yang semakin digital. Meski tantangan ada, namun peluang yang ditawarkan oleh teknologi ini sangat besar dan dapat membantu menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline