Lihat ke Halaman Asli

SRI ADININGSI

Mahasiswa

Mengenal Data Mining dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 14 September 2022   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbicara tentang Data Mining pasti kebanyakan orang sudah pernah mendengar kata "Data Mining". Tapi apakah teman-teman sekalian paham apa itu Data Mining? atau mungkin hanya paham setelah mencari di internet? atau bahkan belum ada yang pernah mendengar kata Data Mining?. Nah untuk itu, kita harus tahu dulu apa itu Data Mining dan kenapa kita harus mempelajarinya.

1. Kenapa kita harus mempelajari Data Mining dan pentingkah dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Perhatikan gambar di atas. Piramida Pengetahuan

Dari gambar itu kita bisa melihat ada tiga poin yaitu data, informasi, dan pengetahuan. Di mana sebuah pengetatuan itu berasal dari data yang valid atau fakta, kemudian diolah menjadi informasi dan dari informasi ini kita bisa mengambil sebuah pengetahuan.  Untuk itu data sangat penting untuk sebuah informasi dan pengetahuan karena memuat sebuah fakta atau kejadian. Jenis data yang sering kita ketahui seperti teks, gambar, vidio dan audio. 

Kata "mining" yang berarti pertambangan. Dalam pengertian informatika mining ini berarti pencarian.  Jadi data mining adalah pencarian data.  Data ini kemudian dikumpulkan , dikelola, dianalisis sehingga menghasilkan sebuah informasi yang sempurna sebagai  referensi penunjang pengambilan keputusan.  

Data mining ini termasuk proses Knowledge Discovery in Database (KDD). Knowledge Discovery In Database(KDD) merupakan metode untuk memperoleh pengetahuan dari data yang ada.  Istilah Knowledge Discovery in Database (KDD) dan data mining seringkali digunakan secara bergantian untuk menjelaskan proses penggalian informasi tersembunyi dalam suatu  data yang besar. 

2.  Jenis data yang bisa di mining yaitu:

--Data  streams dan data sensor

--Time-series data, data temporal, sequence data(termasuk bio-urutan) 

--Data struktur, grafik, jaringan sosial dan data multi-link 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline