Lihat ke Halaman Asli

Sembelit Lewat karena Kangkung Darat

Diperbarui: 20 Februari 2023   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nur Ana Sari (2019)

Terdapat opini segelintir orang menganggap bahwa kangkung identik dengan kemiskinan karena harganya murah meriah dan dominan dikonsumsi oleh masyarakat kelas bawah.

Fakta membuktikan kangkung air berasal dari rawa tidak bertuan mampu menjadi penyelamat kampung tengah plus nutrisi kepada orang yang memakannya.

Tanaman yang mempunyai nama keren water spinach adalah sayuran hijau sangat populer di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Kangkung banyak dijajakan di pasar 'kaget' yang berada di emperan toko, pasar tradisional dan swalayan.

Keindahan rasa kangkung saat berpadu dengan bawang merah, terasi, garam dan cabe campur aduk dalam wajan besi mampu menghapus ingatan bahwa tanaman yang sedang diolah berasal dari negeri antah berantah.

Selama ini daun dan batangnya menjadi bahan baku penting pembuatan kangkung tumis, bening, pecel atau gado-gado dan lain-lain. Timbulnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asupan makanan sehat membuat tingginya permintaan konsumen terhadap produk sayuran termasuk kangkung organik.

Perawatan kangkung organik tidak lepas dari penggunaan pupuk kandang dan menghindarkan adanya campuran pestisida kimiawi membuat harga jual kangkung organik lebih mahal dibandingkan dengan kangkung yang dibudidayakan secara konvensional

Pemilihan makanan organik hanya dilakukan oleh kalangan menengah ke atas yang sangat menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan tanpa kontribusi bahan kimia. Taraf pendidikan dan rendahnya income masyarakat menyebabkan hal ini masih sulit diterapkan di negara miskin.

Komposisi Nutrisi

Berdasarkan habitat atau tempat tumbuhnya, tanaman semak berasal dari famili Convolvulaceae terbagi dua macam yaitu: kangkung darat dan kangkung air yang mampu beradaptasi riang gembira bersama eceng gondok di lumpur rawa. Beradasarkan klasifikasi biologinya, kangkung masih berkerabat dengan ubi jalar yang umbinya merupakan sumber karbohidrat pulen dan enak rasanya.

Umumnya kangkung darat diperbanyak menggunakan biji yang dipasarkan secara komersil oleh beberapa perusahaan nasional produsen tanaman budidaya. Varietas kangkung darat yang banyak dijual dan umum digunakan untuk budidaya tanaman adalah Bangkok LP-1 dan Serimpi.

Di dalam kisaran 40 sampai 60 hari, kangkung darat sudah siap di panen. Seringkali petani memperbanyak sendiri biji kangkungnya dengan membiarkan beberapa rumpun kangkung berbunga menghasilkan biji.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline