Lihat ke Halaman Asli

SRI MARDIANA

DOSEN DAN PENELITI

Optimalisasi Anggaran Keuangan Lanjutan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Cicalengka Pagedangan Tangerang Banten

Diperbarui: 27 Maret 2021   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan rutin yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selalu di lakukan oleh Dosen dari Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini di Ketuai oleh Sri Mardiana, S.E., M.M. pada Hari Minggu 21 Maret 2021 dapat memberikan angin segar bagi perangkat desa dalam penyelenggaran kauangan Desa.

Dalam penyelenggaran acara PKM ini di hadiri oleh beberapa perangkat desa termasuk Lurah Desa dan beberapa masyarakat sekitarnya. Kami selaku penyelenggara sangat berterima kasih dan senang atas antusiasme audience yang hadir. Adapun kegiatan ini merupakan lanjutan dari Pengabdian Kepada Masyarakat semester yang lalu.

Pemberian materi oleh Yenny Merinatul Hasanah, S.Pd.I., M.Pd dan di moderatori oleh Wawan Supriyatna, S.Kom., M.M. mengatakan bahwa "Pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas yang merupakan suatu aspek tata pemerintahan yang baik (Good Governance), dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan".

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Anggaran yang diberikan pemerintah pusat sangat besar untuk pembangunan desa maka diharapkan dapat menghasilkan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat desa. Pengelolaan keuangan desa harus di lakukan berdasarkan prinsip tata kelola yaitu transparan, akuntabel dan partisipatif. Proses transparansi sendiri untuk menghindari kecurigaan dalam anggaran yang di realisasikan. Tentu saja hal ini mengharuskan semua perangkat desa untuk belajar dalam penyusunan  anggaran serta penyajian laporan kepada masyarakat. Sedangkan partisipatif menunjukkan bahwa masyarakat harus dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan sampai pada pertanggungjawaban.

Acara PKM ini di selingi dengan tanya jawab dan pemberian souvenir berupa handsanitizer dan masker yang di pandu oleh Indri Indirasari, S.E., M.M. dan di tutup dengan pembacaan doa oleh Zakaria, S.Sos., M.M. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada Perangkat Desa dan masyarakat, tentu saja harapan kami adalah materi yang di sampaikan dapat di terima dengan baik dan di terapkan oleh perangkat desa serta masyarakat desa Cicalengka Pagedangan khususnya.

Oleh: Sri Mardiana, S.E., M.M.

Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline